Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Edisi Tayang 1-40

Show simple item record

dc.contributor.author Latifah, Dewi
dc.date.accessioned 2023-01-25T04:48:54Z
dc.date.available 2023-01-25T04:48:54Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30771
dc.description.abstract Pendidikan Islam memegang peranan yang sangat penting bagi masyarakat, mencakup hal-hal yang meliputi kebiasaan atau kegiatan sehari-hari yang diatur secara detail dan menyeluruh. Perkembangan teknologi, diharapkan dapat membawa pengaruh yang positif bagi anak-anak yaitu dengan menghadirkan hiburan atau tayangan yang mendidik. Seperti tayangan animasi bertema Islami Nussa dan Rara yang mengandung pesan melalui proses pembelajaran guna membentuk akhlaqul karimah. Melalui film animasi Nussa dan Rara yang kental pada ajaran Islam sesuai syariat, tidak hanya menyajikan hiburan melainkan juga mencakup pendidikan, terutama pendidikan Islam. Media pembelajaran berupa film mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara serta menganalisis bentuk internalisasi nilai yang diterapkan dalam film tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dilakukan terhadap informasi, didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan yang memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan makna itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Film animasi Nussa dan Rara memiliki relevansi dengan pendidikan nasional maupun pendidikan Islam, diantaranya pada komponen, materi, metode maupun sumbernya. 2) Terdapat nilainilai pendidikan Islam diantaranya adalah nilai i’tiqadiyah, nilai amaliyah, dan nilai khuluqiyah. Nilai i’tiqadiyah meliputi tauhid rububiyah, dan uluhiyah. Nilai amaliyah meliputi Ibadah mahdhah sebagai bentuk hablumminallah, yaitu salat, puasa, dan menutup aurat. Ibadah sosial kemasyarakatan sebagai bentuk hablumminannas, meliputi amanah, bertanggung jawab, shadaqah dan berbagai adab yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Nilai khuluqiyah meliputi syukur, pemaaf dan ramah tamah. 3) Mengandung proses internalisasi nilai melalui proses transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai, yang dapat dijadikan referensi bagi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan, terutama pendidikan Islam. Hal ini ditujukan agar anak tidak terpengaruh terhadap adanya degradasi moral. Anak akan lebih mudah menjalankan perintah yang memperlakukannya dengan kasih sayang dan bahasa yang lembut. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Film Nussa dan Rara en_US
dc.title Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Edisi Tayang 1-40 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account