Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Metode Dirosa Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Harum Mekkah Lestari Annursa Putri
dc.date.accessioned 2023-02-01T07:16:32Z
dc.date.available 2023-02-01T07:16:32Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30776
dc.description.abstract Nama : Harum Mekkah Lestari Annursa Putri NPM: 10030116046 Judul : IMPLEMENTASI METODE DIROSA DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI DEWAN PIMPINAN DAERAH WAHDAH ISLAMIYAH KOTA BANDUNG Menyeru pada kebaikan merupakan tugas seorang Rasul. Adapun, salah satu seruan Rasulullah Saw. kepada kita selaku umatnya ialah untuk senantiasa membaca Al-Qur’an. Akan tetapi, banyaknya masyarakat Muslim dari berbagai kalangan usia di Indonesia, tidak menjamin seluruhnya mampu membaca Al-Qur’an. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah menurunnya kemampuan orang dewasa dalam membaca Al-Qur’an. Dikarenakan kecenderungan mengaji umumnya hanya sampai pada usia sekolah dasar, seringkali menjadi sebab mereka lupa akan bacaan Al- Qur’an. Tidak hanya itu, banyak orang dewasa yang merasa kesulitan menemukan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhannya ketika mereka termotivasi untuk kembali belajar membaca Al-Qur’an. Menanggapi hal ini, Lembaga Wahdah Islamiyah melalui salah satu programnya menyajikan sebuah pembinaan dan pelatihan membaca Al-Qur’an bagi pemula (remaja dan dewasa) dengan metode Dirosa (Pendidikan Al-Qur’an Orang Dewasa). Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengkaji lebih dalam terkait implementasi metode Dirosa dalam pembelajaran baca Al-Qur’an di DPD Wahdah Islamiyah Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mencari data terkait: 1) Persiapan tenaga pendidik sebelum mengimplementasikan metode Dirosa. 2) Langkah-langkah pengimplementasian metode Dirosa, serta 3) Sistem evaluasi pembelajaran dengan metode Dirosa. Adapun, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa poin penting diantaranya sebagai berikut: 1) Terdapat pelatihan dasar Dirosa dan Training of Trainer (TOT) Dirosa untuk mempersiapkan tenaga pendidik. 2) Pembelajaran ini menggunakan dua sistem kelas yakni klasikal dan privat dengan pokok bahasan yang sama dan langkah-langkah pembelajaran yang berbeda. 3) Terdapat sistem evaluasi pembelajaran peserta didik berupa evaluasi harian dan munaqosyah, serta evaluasi tenaga pendidik yang dilihat melalui dokumentasi mengajar dan evaluasi seluruh pengajar yang dilakukan per tiga bulan sekali. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an, Dirosa, Wahdah Islamiyah en_US
dc.title Implementasi Metode Dirosa Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Kota Bandung en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account