Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Program Pembelajaran Green Education Di Taman Kanak-Kanak Salman Al Farisi Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Nursari, Debby
dc.date.accessioned 2023-02-02T03:34:06Z
dc.date.available 2023-02-02T03:34:06Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30786
dc.description.abstract Pembelajaran sains menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung, dengan demikian anak perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains agar mampu menjelajahi serta memahami alam sekitarnya. Sains bermanfaat bagi anak karena dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi pada anak yang pada akhirnya dapat menambah pengetahuan secara alamiah. Salah satu Taman kanak-kanak yang memiliki pemebalajaran sains adalah Taman kanak-kanak (TK) Salman Al Faris didalam pembelajaran sains ini memiliki program Green Education yaitu pedidikan pengenalan dan perawatan lingkungan. Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengeolaan program Green Education di Taman kanak-kanak Salman Al Farisi Kota Bandung, dengan fokus penelitian 1) Perencanaan Green Education, 2) Pelaksanaan Green Education, 3) Evaluasi atau Penilaian Green Education. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian 1) perencanaan pembelajaran green education dilakukan oleh kepala sekolah dan guru mengacu kurikulum dinniyah melalui pembelajaran sains dan keterlibatan penilaian pembelajaran green education ,2) pelaksanaan pembelajaran green education, dilakukan oleh guru melalui pengembangan tema yang dikaitkan dengan sarana pemebelajaran seperti kandang hewan, kebun (praktek cara menanam dll), melibatkan partisipasi orang tua siswa dengan menyelenggaraan pertemuan rutin, orang tua terlibat dalam menceritakan kembali disekolah untuk menjalin komunikasi dan mengembangkan proses partisipasi aktif siswa. 3) Evaluasi atau penilaian pembelajaran sains dilakukan melalui penilaian green education leadership dengan 6 pillar yaitu mengenal GE, hewan dan tumbuhan, masalah lingkungan, membangun komunikasi, kesadaran global dan keterampilan hidup. en_US
dc.publisher Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Pengelolaan, Gren Edcation, Anak Usia Dini, Salman Al Farisi en_US
dc.title Pengelolaan Program Pembelajaran Green Education Di Taman Kanak-Kanak Salman Al Farisi Kota Bandung en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account