Abstract:
Mandiri adalah bentuk keberhasilan dalam mengelola emosi sehingga tumbuh
kecerdasan emosi. Kemandirian Anak Usia Dini merupakan bagian dari proses
perkembangan yang diharapkan terjadi dalam rangka menuju ke kedewasaan, intinya
bahwa Kemandirian Anak merupakan suatu kemampuan untuk brfikir, merasakan,
serta anak melakukan sesuatu atas dorongan diri sendiri sesuai
kewajibannya dalam kehidupan sehari - hari. Penelitian ini menggunakan metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif Adapun partisipan
dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok TK usia 5-6 tahun di TK Little
Smart. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kegiatan pembiasaan anak untuk
lebih mandiri. Adapun tekhnik pengambilan data menggunakan tekhnik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa
hasil observasi di TK Little Smart kemandirian anak sudah terlihat dari bentuk
kegiatan harian di sekolah pada pagi hari hingga menjelang pulang yang menjadi
pembiasaan sehari hari sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kemandirian
anak dapat menjadi acuan bagi sekolah lain yang dirasa peserta didiknya belum
mandiri Dan dengan adanya penelitian ini maka proses pembentukan kegiatan
pembiasaan kemandirian akan dapat menjadi fenomena baru untuk diterapkan pada
anak usia dini.