Universitas Islam Bandung Repository

Penggunaan Teknik Melukis Inkonvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B Di Tkq Salam Manunggal

Show simple item record

dc.contributor.author Fadlilah, Hamidah
dc.date.accessioned 2023-02-10T07:08:13Z
dc.date.available 2023-02-10T07:08:13Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30794
dc.description.abstract Penelitian tindakan kelas ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang muncul pada anak kelompok B di TKQ Salam Manunggal yaitu belum berkembangnya kemampuan kreativitas anak. Sebagian anak belum mampu untuk menuangkan ide-idenya dalam membuat sebuah lukisan. Tindak lanjut dari permasalah tersebut, diperlukannya suatu pembelajaran yang dapat menstimulus kemampuan kreativitas anak. Peneliti merancang kegiatan pembelajaran menggunakan teknik melukis inkonvensional (teknik tutup) untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini, antara lain: untuk mengetahui bagaimana kondisi awal kemampuan kreativitas anak sebelum dilakukkanya tindakan menggunakan teknik inkonvensional, mengetahui proses atau tahapan-tahapan peningkatan kemampuan kreativitas anak menggungakan teknik melukis inkonvensional, dan mengetahui hasil penggunaan teknik melukis inkonvensional untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK-Q Salam Manunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TKQ Salam Manunggal yang berjumlah 10 anak. Hasil akhir kemampuan kreativitas anak menunjukan peningkatan yang cukup segnifikan setelah diterapkannya teknik melukis inkonvensional. Hal ini dapat terlihat dari kemampaun kreativitas anak yang sudah meningkat dari kondisi awal, pada pra siklus 80% anak masuk kedalam kategori Belum Berkembang (BB) dan 20% anak masuk kategori Mulai Berkembang (MB). Pada akhir siklus 1, 70% anak masuk kategori Belum Berkembang (BB) dan 30% anak masuk kategori Mulai Berkembang (MB), pada akhir siklus 2, 40% anak masuk kategori Berkembang Sesuai Harapa (BSH), 30% anak masuk kategori Mulai Berkembang (MB), dan 30% anak masuk kategori Belum Berkembang (BB), pada akhir siklus 3, 40% anak masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 30% anak masuk kategori Berkembang sesuai Harapan (BSH) dan 30% anak masuk kategori Mulai Berkembang (MB). Berdasarkan hasil penelitian ini, kegiatan melukis menggunakan teknik melukis inkonvensional dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak. en_US
dc.publisher Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Kreativitas, melukis, teknik melukis inkonvensional en_US
dc.title Penggunaan Teknik Melukis Inkonvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B Di Tkq Salam Manunggal en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account