Abstract:
Bandung yang dikenal sebagai pemimpin dalam dunia kreatif dan mode di
Indonesia pada saat ini melahirkan inovasi baru dengan membuat toko – toko baju
yang dikenal dengan nama Distro (Distribution Store). Hampir disetiap jalan
utama di kota Bandung terdapat satu distro bahkan lebih yang mana menimbulkan
adanya persaingan di antara para pelaku usaha Distro tidak terkecuali dari Distro
Dryshirt. Untuk menghadapi persaingan yang ada, Distro Dryshirt berupaya agar
produk mereka dapat diterima oleh konsumen. Salah satu upaya yang dilakukan
adalah dengan melakukan pelaksanaan lokasi yang baik agar dapat meningkatkan
keputusan pembelian konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
lokasi di distro Dryshirt, untuk mengetahui pendapat konsumen tentang lokasi
distro Dryshirt, untuk mengetahui tingkat keputusan pembelian distro Dryshirt,
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian
di distro Dryshirt.
Jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen.
Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yang
berfungsi mengetahui suatu fenomena, gejala, yang khas atau unik dari suatu
individu kelompok, atau objek sosial lainnya. Sehingga dapat diperoleh suatu
deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut.
Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang pengunjung Distro Dryshirt
Bandung. Teknik pengumpulan sampel adalah non probability sampling. Analisis
data yang di gunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk
menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh lokasi terhadap
keputusan pembelian di distro Dryshirt Bandung dengan nilai p = 0.000, koefisien
korelasi sebesar 0.723 (R = 0.723), dan koefisien determinan (R-Square/R2)
sebesar 52,2%. Artinya pengaruh kualitas produk secara signifikan berpengaruh
positif terhadap loyalitas pelanggan.