Abstract:
Cafe merupakan suatu tipe restoran yang biasanya menyediakan tempat
duduk didalam dan diluar ruangan. Cafe tidak menyajikan makanan berat namun
lebih berfokus pada menu makanan ringan seperti kue, roti, dan sup. Hampir
disetiap jalan utama di kota Bandung terdapat Cafe. bahkan lebih yang mana
menimbulkan adanya persaingan di antara para pelaku usaha Cafe tidak terkecuali
dari Cafe Kupu Bistro.Untuk menghadapi persaingan yang ada, Cafe Kupu Bistro
berupaya agar produk mereka dapat diterima oleh konsumen. Salah satu upaya
yang dilakukan adalah dengan melakukan pelaksanaan harga yang baik agar
memperoleh konsumen yang setia atau loyal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
harga di cafe kupu bistro,untuk mengetahui pendapat konsumen tentang harga
kualitas di cafe kupu bistro,untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen cafe
kupu bistro,untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap loyalitas
konsumen cafe kupu bistro.
Jenis penelitian verifikatif,yaitu penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh variabel independen dengan variable dependen.
Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus,yaitu penelitian yang
berfungsi mengetahui suatu fenomena,gejala,yang khas atau unik dari suatu
individu kelompok,atau objek sosial lainnya.Sehingga dapat diperoleh suatu
deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut.
Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang pengunjung Cafe Kupu Bistro
Bandung.Teknik pengumpulan sampel adalah non probability sampling.Analisis
data yang di gunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk
menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh harga terhadap loyalitas
pelanggan cafe Kupu Bistro Bandung dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi
sebesar 0.544 (R = 0.544),dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 29,6%.
Artinya pengaruh harga secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan.