Abstract:
Sikap Terhadap Cara
Mengajar Guru dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah siswa SMALB Wyata
Guna Bandung. Siswa SMALB Wyata Guna memiliki pandangan-pandangan atas
cara mengajar guru yang ada. Siswa merasa kesal kepada guru yang tidak
konsisten dalam menerapkan peraturan. Sebagai reaksi terhadap cara mengajar
guru tersebut, siswa menunjukkan perilaku-perilaku yang dianggap guru
menyimpang seperti siswa kerap membolos dan tidak masuk pada jam mata
pelajaran tertentu. Dengan sikap tersebut siswa menunjukkan penyesuaian sosial
yang buruk di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti
empiris mengenai hubungan sikap terhadap cara mengajar guru dengan
penyesuaian sosial di sekolah pada Siswa SMALB Wyata Guna Bandung. Metode
yang digunakan adalah korelasional dengan jumlah subjek 21 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan skala Sikap Terhadap Cara Mengajar Guru
dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah dan hasilnya diolah menggunakan teknik
Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan di dapat rs = 0.582, ini
memberikan pengertian bahwa Sikap Terhadap Cara Mengajar Guru memiliki
hubungan yang positif dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah, sehingga dapat
disimpulkan bahwa semakin negatif sikap terhadap cara mengajar guru maka
semakin buruk penyesuaian sosial di sekolah.