Abstract:
Penelitian ini berjudul Hubungan Brand Image Distro Ouval Research
dengan Loyalitas Konsumen. Distro saat ini menjadi satu tempat berbelanja
fashion anak muda yang paling digandrungi, dalam hal ini banyak pula merek
distro bertebaran di seluruh Indonesia, khususnya di kota Bandung sebagai kota
pelopor dimana distro itu bermunculan. Maka dari itu Ouval Research sebagai
salah satu merek distro yang terbesar dan salah satu pelopor distro di Bandung,
harus melakukan berbagai inovasi dan membangun strategi pemasaran yang baik
guna menjaga brand image dari Ouval Research itu sendiri dan menjaga loyalitas
konsumen yang terus dibentuk selama ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar hubungan brand
image distro Ouval Research dengan loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini
digunakan teori brand image dari Kevin Lane Keller (2008). Metode yang
digunakan adalah koreasional, dengan melakukan pengumpulan data lapangan
melalui penyebaran kuesioner yang ditunjang oleh observasi dan wawancara.
Sampel dalam penelitian ini adalah Konsumen atau pengunjung distro Ouval
Research di Jl. Sultan Agung No. 3A-B yang berjumlah sebanyak 100 orang,
dengan penentuan sampel berdasarkan teknik random sampling. Teknik
pengolahan data menggunakan metode analisa rank spearman melalui software
SPSS 17 For Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara aspek-aspek dari brand image yang terdiri dari kekuatan asosiasi merek
(strength of brand associations), keunggulan asosiasi merek (favorability of brand
associations), dan keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand associations)
dengan loyalitas konsumen. Aspek favorability of brand associations yang
memiliki hubungan yang kuat dengan loyalitas konsumen.
Saran praktis dalam penelitian ini adalah sub-variabel strength of brand
association hal ini dapat dilihat karena masih banyak responden yang memberikan
kecenderungan jawaban tidak pasti dan tidak setuju artinya sub variabel strength
of brand association masih perlu ditingkatkan seperti meningkatkan nilai dan
kualitas dari produk Ouval Research Bandung agar merek Ouval Research
bandung menjadi lebih kuat. Saran teoritis adalah membangun brand image yang
lebih kuat agar loyalitas konsumen yang timbul pun lebih kuat lagi sehingga
pelanggan sangat amat loyal dan tidak akan berpindah ke lain merek. Dalam hal
ini dapat mengkaji cara untuk merancang dan menciptakan loyalitas pelanggan.