Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada era globalisasi saat ini
perusahaan tidak hanya beriklan di media cetak dan elektronik pada umunya,
tetapi juga media baru internet. Iklan merupakan salah satu bentuk dari promosi
yang dilakukan sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mempengaruhi pikiran
dan tindakan konsumen terhadap barang atau merek yang ditawarkan atau
dikenalkan yang pesannya disalurkan melalui media. Seperti PT. Kalbe Farma
Tbk yang mengiklankan Kartu Kalbe Family Reward Cardnya melalui internet
dengan menggunakan animasi. Karena iklan tersebut berupa animasi dan melalui
media online, maka peneliti tertarik untuk meneliti proses produksi dari iklan
Kartu Kalbe Family Reward Card yang diproduksi oleh GETGIOVIDEO.
Terdapat tiga tahapan dalam proses produksi iklan yaitu tahap pra
produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana proses produksi iklan Kartu Kalbe Family Reward
Card yang diproduksi oleh GETGIOVIDEO. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah iklan harus
melewati tiga tahap yaitu tahap pra produksi intinya mematangkan konsep iklan
yang akan diproduksi, tahap produksi intinya mengaplikasikan konsep yang sudah
direncanakan ke dalam bentuk animasi motion graphic di software after effect,
selanjutnya proses pasca produksi yaitu editing offline dan online dari iklan
animasi tersebut.