Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Leadership Life Skills di SMP Salman Al Farisi Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Zainy, Fauzy Ahmad
dc.date.accessioned 2016-03-28T07:18:28Z
dc.date.available 2016-03-28T07:18:28Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3203
dc.description.abstract Di era yang penuh kompetisi, tuntutan masyarakat terhadap kualitas semakin tinggi. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yakin bahwa sekolah mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan masa depan. Dalam konteks inilah beberapa sekolah berupaya menerapkan konsep kurikulum sekolah yang berbeda dengan sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya masing-masing. Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program, kurikulum tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Demikian juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan, maka pembelajaran tidak akan berlangsung secara efektif. SMP Salman Al Farisi merupakan sekolah menggunakan kurikulum leadership, yang diaplikasikan pada mata pelajaran Leadership Life Skills. Dengan tujuan untuk membina peserta didik dalam pemahaman materi (aspek kognitif) serta melatih kecakapan dalam pembelajaran (afektif) yang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari (psikomotorik). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran mata pelajaran Leadership Life Skills melalaui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang dilaksanakan di kelas VII sampai dengan kelas IX SMP Salman Al Farisi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan (pengamatan), wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran mata pelajaran Leadership Life Skills dikembangkan melalui tahapan penyusunan program tahunan, program semester, silabus, RPP serta persiapan bahan ajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Leadership Life Skills dilaksanakan dengan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti yang meliputi eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, serta kegiatan akhir pembelajaran. (3) Penilaian pembelajaran mata pelajaran Leadership Life Skills dilaksanakan untuk mengukur produk dan proses pada tiga aspek yakni kognitif, afektik, dan psikomotorik. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nan Rahminawati, M. Pd en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (UNISBA) en_US
dc.subject Leadership Life Skills en_US
dc.title Analisis Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Leadership Life Skills di SMP Salman Al Farisi Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account