Abstract:
Perkembangan teknologi dan sistem informasi berperan penting untuk
memperbaiki kinerja suatu instansi. Perusahaan sendiri merupakan salah satu sektor
yang sangat penting untuk diintegrasikan ke dalam perkembangan sistem informasi,
sehingga dapat memberikan informasi yang berkualitas dan berguna bagi perusahaan.
PO Kramat Djati merupakan salah perusahaan Otobus yang ada di Bandung dimana
aktivitas bisnisnya berfokus pada jasa transportasi darat. masalah-masalah yang
dihadapi sering terjadinya penumpukan daftar tunggu penumpang yang reservasi
tiket,disebabkan tidak adanya batas waktu pembayaran tiket, prosedur dalam
melakukan input data penumpang di data awal tidak tercantum nama, alamat, no
identitas yang jelas, belum adanya pemisahan tugas antara petugas loket yang
melayani penjualan secara online dengan petugas yang melayani secara manual dan
prosedur dalam melakukan pembelian tiket setelah melakukan pemesanan tiket
penumpang tidak menunjukan no identitas. Atas dasar tersebut PO Kramat Djati
membutuhkan keberadaan sistem informasi yang relevan dan memadai untuk
mengelola penjualan tiket.
berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang diterapkan di PO
Kramat Djati, mengetahui kelemahan – kelemahan yang terdapat pada sistem yang
sedang diterapkan di PO Kramat Djati, menganalisis dan merancang sistem informasi
akuntansi penjualan tiket yang dibutuhkan yang dibutuhkan PO Kramat Djati, dan
memberikan bentuk spesifikasi sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang dapat
diterapkan di PO Kramat Djati.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif
analisis dan FAST (Framework for The Application of System Thinking), selain itu
penulis juga menggunakan JAD (Joint Application Development) dengan melalui
tahapan wawancara dengan bagian bagian yang terkait di PO Kramat Djati,
melakukan observasi terhadap objek penelitian, dan mendokumentasikan data-data
yang terdapat di PO Kramat Djati.
Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan sistem yang dilakukan
adalah sebuah rancangan sistem informasi akuntansi penjualan yang mampu
menunjang kebutuhan operasional dengan cepat dan akurat. Adapun keunggulan
sistem yang dihasilkan yaitu pengendalian atas transaksi penjualan dan data yang
lebih terjamin keamanannya, proses input hingga output (laporan) terintegrasi dan
terkomputerisasi sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan oleh PO
Kramat Djati.