Abstract:
Pesatnya pertumbuhan di sektor pariwisata mempengaruhi pesatnya
pembangunan di bidang pendukungnya maka dari itu persaingan di bidang
perhotelan semakin ketat. Citra suatu perusahaan yang positif dapat
mempengaruhi Tingkat Hunian (occupancy) Kamar hotel. Keberhasilan sebuah
hotel dapat di ukur dengan tingkat hunian kamar. Penelitian ini berjudul
“Hubungan Antara Citra Yang Berlaku (current image) dengan Tingkat Hunian
(occupancy) Kamar Hotel Grand Royal Panghegar”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan
Keunggulan Asosiasi Merek dengan Tingkat Hunian (occupancy) Kamar Hotel
Grand Royal Panghegar; (2) Hubungan Antara Kekuatan Asosiasi Merek dengan
Tingkat Hunian (occupancy) Kamar Hotel Grand Royal Panghegar; (3) Hubungan
Antara Keunikan Asosiasi Merek dengan Tingkat Hunian (occupancy) Kamar
Hotel Grand Royal Panghegar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif korelasional. Pendekatan penelitian korelasional pada
penelitian ini digunakan untuk meguji apakah terdapat Hubungan antara Citra
yang berlaku (current image) dengan tingkat hunian (occupancy) kamar hotel
Grand Royal Panghegar dengan menggunakan sampel sebanyak 76 responden
dari populasi sebesar 313 orang yang di tentukan melalui Sampling random
sederhana. Analisis data menggunakan koefisien korelasi untuk mengetahui
keeratan hubungan diantara variabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara Citra Yang
Berlaku (current image) dengan tingkat hunian kamar (occupancy). Tingkat
hubungan antara citra yang berlaku (current image) dengan tingkat hunian kamar
(occupancy) berada dalam kriteria sangat kuat yaitu berada pada nilai (0,772)
artinya variabel citra yang berlaku (current image) yang baik diikuti dengan
tingkat hunian yang baik pula. Variabel ini memberikan kontribusi sebesar
59,59% untuk tingkat hunian kamar (occupancy) dan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain.