dc.contributor.author |
Jannah, Putri Zuhra Wardatul |
|
dc.date.accessioned |
2016-04-21T03:20:33Z |
|
dc.date.available |
2016-04-21T03:20:33Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.uri |
|
|
dc.description.abstract |
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu banyaknya siswa kelas XI SMK
Informatika Bandung yang mendapatkan rata-rata nilai semua mata pelajaran di
bawah nilai KKM yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa
dalam pengaturan diri dalam pembelajaran atau disebut Self-regulated learning.
Perilaku yang siswa tampilkan yaitu belum memiliki perencanaan, belum mampu
mengontrol perilaku belajar serta mengevaluasi perilaku belajarnya dalam
mencapai tuntutan-tuntutan akademik dalam mencapai prestasi belajar yang
optimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai
keeratan hubungan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Belajar. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional yang melibatkan
29 orang siswa kelas XI. Pengumpulan data self-regulated learning dilakukan
dengan menggunakan alat ukur berupa skala yang didasarkan pada konsep dari
BJ. Zimmerman. Prestasi belajar menggunakan data sekunder dari hasil nilai
raport. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistics
20 dan didapatkan hasil korelasi menggunakan product moment Pearson (rs:
0.730) menunjukkan hubungan yang erat antara self-regulated learning dengan
prestasi belajar. Korelasi positif menunjukkan arti jika self-regulated learning
menurun maka prestasi belajar siswa kelas XI SMK Informatika Bandung pun
akan menurun. Begitu juga sebaliknya. |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
Self-Regulated Learning, Prestasi Belajar, Siswa kelas XI, SMK Informatika Bandung |
en_US |
dc.title |
Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Di SMK Informatika Bandung |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |