Abstract:
Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Antapani, meluncurkan
program Sahabat BSM untuk mencapai target jumlah nasabah. Program tersebut
adalah salah satu komunikasi pemasaran syariah dengan menggunakan alat
promosi Word-of-Mouth Marketing dan media Member-Get-Member. Media ini
dinilai lebih efektif karena penyampaian informasi lebih cepat sampai kepada
nasabah. Akan tetapi, bila dilihat dari hasil perolehannya, produk yang
menggunakan program Sahabat BSM ini masih dibawah dari produk-produk yang
tidak dibuatkan dengan program khusus.
Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan masalah berikut:
Bagaimana mekanisme program Sahabat BSM pada produk Giro BSM di Bank
Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Antapani? Bagaimana pelaksanaan
Komunikasi Pemasaran Syariah Program Sahabat BSM pada Giro BSM di Bank
Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Antapani? Dan bagaimana kegiatan
Komunikasi Pemasaran Syariah Program Sahabat BSM pada Giro BSM dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang
Pembantu Antapani?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis,
teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan studi
kepustakaan, penelitian lapangan dengan cara wawancara dan dokumenter. Data
yang diperlukan yaitu berupa data primer dan sumber data didapat dari Kepala
Funding.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Mekanisme program Sahabat
BSM pada produk Giro BSM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu
Antapani adalah program member-get-member, peserta yang mengikuti program
ini harus melalui tahapan-tahapan diantaranya melengkapi persyaratan,
mendaftarkan diri, mengajak orang lain menjadi nasabah BSM, kemudian peserta
program (pemberi referensi) mendapatkan insentif dari dana nasabah yang
terreferensi. (2) Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Syariah Program Sahabat
BSM pada Giro BSM di Bank Syariah Mandiri KCP Antapani menggunakan alatalat
promosi yang dapat dilakukan tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk
membiayai kegiatan promosi. Alat-alat lainnya berupa Advertising, Personal
Selling, Sales Promotion, dan Publicity. Namun, alat yang paling utama adalah
Word-of-Mouth Marketing dengan media member-get-member. Alat yang lainnya
hanya sebagai pelengkap. (3) Kajian komunikasi pemasaran syariah program
Sahabat BSM pada Giro BSM dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank
Syariah Mandiri KCP Antapani telah mampu meningkatkan jumlah nasabah Giro
BSM.