Abstract:
Sebuah pelayanan dapat meningkatkan citra perusahaan bila memiliki
kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara kualitas pelayanan prima dengan citra positif PT Taspen (Persero) KCU
Bandung. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode
korelasional untuk mengetahui hubungan diantara dua variabel, yakni Kualitas
Pelayanan Prima (X) dan Citra Positif PT Taspen (Persero) (Y).
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 500 peserta dengan sampel 83
responden. Probability sampling dengan jenis sampling random sederhana dipilih
untuk teknik penarikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
angket, dan studi kepustakaan. Teknik analisa menggunakan analisis korelasional
dan uji hipotesis dengan rumus koefisiensi korelasi Rank Spearman dengan
α=0.005. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan secara menyeluruh bahwa
terdapat hubungan antara kualitas pelayanan prima dengan citra positif PT Taspen
(Persero) KCU Bandung.