Abstract:
Penelitian ini berjudul Komunikasi Persuasif PT. Pegadaian Sebagai
Promosi dengan mengambil latar belakang sebuah perusahaan tentunya ada
komunikasi di antaranya terdapat divisi marketing yang dalam mempromosikan
produk yang ditawarkannya kepada calon konsumen. Seorang pemasar agar
efektif dalam memasarkan produknya perlu kiranya melakukan komunikasi
pemasaran dengan teknik persuasi kepada kelompok-kelompok konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Persuasif PT.
Pegadaian sebagai Promosi. Sehingga untuk menjawab masalah tersebut, peneliti
menganalisa kegiatan promosi PT.Pegadaian menggunakan unsur imbauan pesan
yang di antaranya, imbauan pesan rasional, emosional, motivasional, takut, dan
ganjaran.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Penelitian deskriptif
digunakan untuk menjelaskan fenomena dengan aturan berpikir ilmiah yang
diterapkan secara sistematis tanpa menggunakan model kualitatif atau normatif
dengan mengandalkan klasifikasi, hubungan dan kedudukan suatu unsur dengan
unsur lain. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode
wawancara mendalam, observasi pengamatan, dan studi kepustakaan.
Dari hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa komunikasi persuasif
memang sangat erat kaitannya dengan segi promosi di semua perusahaan
khususnya PT. Pegadaian selaku persusahaan yang bergerak di bidang jasa.
Dalam hal ini, tercapainya target penjualan sangat ditentukan oleh kinerja dari
team marketing perusahaan tersebut, karena perusahaan ini merupakan bisnis di
bidang jasa melalui beberapa program penunjang oleh karena itu kesuksesan
perusahaan tergantung dari seberapa banyak produk jasa yang terjual dipasaran,
sehingga betapa pentingnya peran team marketing dalam prosesnya dalam
mencapai target yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Ditinjau dari imbauan
pesan PT. Pegadaian sudah terkandung enam imbauan pesan di antaranya,
imbauan pesan, imbauan rasional, imbauan ganjaran, imbauan takut, dan imbauan
motivational. Dari segi promosi sudah terpenuhi segala kriteria yang terdiri dari,
brosur, pamflet, dan leaflet.