dc.description.abstract |
Dalam hal perkembangan syariah di Indonesia selain sektor perbankan,
pengelolaan zakat dan infaq/ shadaqah juga mengalami perkembangan yang pesat.
Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang mengelola zakat dan infaq/ shadaqah
contohnya adalah Dompet Dhuafa Bandung. Dan salah satu tujuan dari lembaga
tersebut adalah untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan merupakan hasil dari
suatu perusahaan. Pada umumnya pembentukan pendapatan dalam suatu lembaga
diklasifikasikan sebagai pendapatan operasi dan non operasi. Untuk meningkatkan
pendapatan, diperlukan suatu upaya pemasaran yang aktif, efektif, dan agresif
misalnya dengan mengeluarkan biaya promosi. Biaya promosi merupakan sejumlah
biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar biaya promosi
yang dikeluarkan oleh Dompet Dhuafa Bandung pada tahun 2006 s/d 2009. Untuk
mengetahui bagaimana tingkat pertumbuhan pendapatan pada Dompet Dhuafa
Bandung pada tahun 2006 s/d 2009. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
biaya promosi dalam meningkatkan pendapatan pada Dompet Dhuafa Bandung pada
tahun 2006 s/d 2009.
Metode penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun skripsi ini adalah
metode korelasional dan studi kasus pada Dompet Dhuafa yang berlokasi di Bandung
Jl. Pasirkaliki No. 143 Bandung. Metode ini bertujuan untuk dapat mengetahui berapa
besar kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat serta arah hubungan
yang terjadi, serta didukung dengan melakukan pengujian regresi linear sederhana.
Dari penelitian yang telah dilakukan di Dompet Dhuafa Bandung dapat
diperoleh hasil sebagai berikut, pertumbuhan Biaya Promosi pada Dompet Dhuafa
Bandung dari tahun 2006 sampai dengan 2009 berpengaruh secara signifikan, dimana
besarnya pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan pendapatan tersebut yaitu
sebesar 96,49%. Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis
pertumbuhan biaya promosi mengalami peningkatan dan penurunan di setiap
tahunnya Selain itu, dalam hal pendapatan pun sama yaitu mengalami peningkatan
dan penurunan sesuai dengan biaya promosi yang dikeluarkan setiap tahunnya.
Dalam skripsi ini penulis memberikan saran dari segi kegiatannya, diharapkan
Dompet Dhuafa Bandung tetap terus meningkatkan pelayanan, seperti adanya SDM
(Sumber Daya Manusia) yang memiliki pengetahuan yang tinggi dalam lembaga
tersebut, berperilaku sopan dan ramah, dapat memahami dan memenuhi keinginan
para mustahiq, serta kepercayaan atas apa yang telah diamanatkan oleh muzzaqi.
Selain itu, sebaiknya pihak Dompet Dhuafa Bandung menambah program pendirian
rumah susun. Dengan program ini diharapkan manfaat yang besar bagi mustahiq
benar-benar tidak mampu dan tidak memiliki tempat tinggal yang layak. |
en_US |