Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Lembaga Amil Zakat (Studi Terhadap Dompet Dhuafa Bandung)

Show simple item record

dc.contributor.author Aprilianti, Santi
dc.date.accessioned 2016-10-07T07:52:36Z
dc.date.available 2016-10-07T07:52:36Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5140
dc.description.abstract Dalam hal perkembangan syariah di Indonesia selain sektor perbankan, pengelolaan zakat dan infaq/ shadaqah juga mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang mengelola zakat dan infaq/ shadaqah contohnya adalah Dompet Dhuafa Bandung. Dan salah satu tujuan dari lembaga tersebut adalah untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan merupakan hasil dari suatu perusahaan. Pada umumnya pembentukan pendapatan dalam suatu lembaga diklasifikasikan sebagai pendapatan operasi dan non operasi. Untuk meningkatkan pendapatan, diperlukan suatu upaya pemasaran yang aktif, efektif, dan agresif misalnya dengan mengeluarkan biaya promosi. Biaya promosi merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar biaya promosi yang dikeluarkan oleh Dompet Dhuafa Bandung pada tahun 2006 s/d 2009. Untuk mengetahui bagaimana tingkat pertumbuhan pendapatan pada Dompet Dhuafa Bandung pada tahun 2006 s/d 2009. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi dalam meningkatkan pendapatan pada Dompet Dhuafa Bandung pada tahun 2006 s/d 2009. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun skripsi ini adalah metode korelasional dan studi kasus pada Dompet Dhuafa yang berlokasi di Bandung Jl. Pasirkaliki No. 143 Bandung. Metode ini bertujuan untuk dapat mengetahui berapa besar kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat serta arah hubungan yang terjadi, serta didukung dengan melakukan pengujian regresi linear sederhana. Dari penelitian yang telah dilakukan di Dompet Dhuafa Bandung dapat diperoleh hasil sebagai berikut, pertumbuhan Biaya Promosi pada Dompet Dhuafa Bandung dari tahun 2006 sampai dengan 2009 berpengaruh secara signifikan, dimana besarnya pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan pendapatan tersebut yaitu sebesar 96,49%. Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pertumbuhan biaya promosi mengalami peningkatan dan penurunan di setiap tahunnya Selain itu, dalam hal pendapatan pun sama yaitu mengalami peningkatan dan penurunan sesuai dengan biaya promosi yang dikeluarkan setiap tahunnya. Dalam skripsi ini penulis memberikan saran dari segi kegiatannya, diharapkan Dompet Dhuafa Bandung tetap terus meningkatkan pelayanan, seperti adanya SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki pengetahuan yang tinggi dalam lembaga tersebut, berperilaku sopan dan ramah, dapat memahami dan memenuhi keinginan para mustahiq, serta kepercayaan atas apa yang telah diamanatkan oleh muzzaqi. Selain itu, sebaiknya pihak Dompet Dhuafa Bandung menambah program pendirian rumah susun. Dengan program ini diharapkan manfaat yang besar bagi mustahiq benar-benar tidak mampu dan tidak memiliki tempat tinggal yang layak. en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Lembaga Amil Zakat (LAZ) en_US
dc.title Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Lembaga Amil Zakat (Studi Terhadap Dompet Dhuafa Bandung) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account