Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Kelas VIII di SMPIT Qordova Rancaekek

Show simple item record

dc.contributor.author Nurkarima, Rima
dc.date.accessioned 2016-10-27T03:12:32Z
dc.date.available 2016-10-27T03:12:32Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5196
dc.description.abstract Al-Qur’an meupakan kitab bagi umat Islam sebagai pedoman hidup di dunia maupun untuk akhirat sehingga penting bagi manusia untuk mempelajarinya. Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan pokok dalam proses pendidikan di sekolah. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan yang diukur melalui pengelolaan pembelajaran yang baik. Berdasarkan fungsinya pengelolaan pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/evaluasi pembelajaran. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. SMPIT Qordova Rancaekek memiliki Metode pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al- Qur’an dengan metode Talaqqi yang bertujuan untuk memperoleh suatu pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an yang efektif dan efisien. Dimana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa akan menghafal, melafalkan serta melagamkan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru pembimbing. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti perlu melakukan penelitian mengenai “Analisis pengelolaan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Talaqqi di SMPIT Qordova Rancaekek.” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al- Qur’an untuk kelas VIII di SMPIT Qordova Rancaekek. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif analitik, dengan pendekatan kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dilakukan agar semakin memenuhi data tentang implementasi pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al- Qur’an dengan metode Talaqqi terutama untuk mengetahui persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, studi dokumentasi, wawancara serta angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Talaqqi dikembangkan melalui tahapan penyusunan Program tahunan, Program Semester, silabus, RPP, pengelolaan terhadap peserta didik, pengelolaan kelas, serta perumusan target materi. (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Talaqqi di awali dengan adanya pengelolaan peserta didik serta muroja’ah hafalan bersamasama yang dilaksanakan di tempat yang telah ditentukan dan disesuaikan berdasarkan kelompok secara indoor maupun outdoor. Pembelajaran dilakukan melalui langkahlangkah dalam kegiatan awal, kegiatan inti yang meliptui eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, serta kegiatan akhir pembelajaran. (3) Penilaian/evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dilakukan untuk mengetahui hasil dari berbagai proses pembelajaran, yang berorientasi pada kriteria kemampuan hafalan serta pelafalan bacaan Al-Qur’an siswa en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah Universitas islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Kelas VIII di SMPIT Qordova Rancaekek en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account