Abstract:
Pembelajaran Al-Qur'an yaitu mengajarkan membaca Al-Qur'an dengan
baik dan benar sehingga mampu membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah tajwid.
Seiring dengan perkembangan zaman pembelajaran Al-Qur’an dapat dilakukan
dengan berbagai macam metode, salah satu metode yang digunakan di MTs
Assakinah Bandung Barat adalah metode tilawati. Prinsip pembelajaran Al-Qur'an
metode tilawati yaitu diajarkan secara praktis menggunakan lagu rost, diajarkan
secara klasikal menggunakan peraga, diajarkan secara individual dengan tehnik
baca simak menggunakan buku. Dalam menciptakan suasana belajar yang
kondusif maka penataan kelas diatur dengan posisi duduk membentuk huruf "U".
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan
pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs
Assakinah Bandung Barat tahun ajaran 2014/2015, (2) pelaksanaan pembelajaran
Al-Qur'an dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs Assakinah
Bandung Barat tahun ajaran 2014/2015, (3) evaluasi pembelajaran Al-Qur'an
dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs Assakinah Bandung Barat
tahun ajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan suatu peristiwa apa adanya
dengan mengamati, mencatat, dan bertanya. Untuk mengetahui hasil penelitian
maka digunakan tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket,
dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
1 koordinator tilawati yayasan, 1 koordinator tilawati MTs, 10 guru yang
mengajar siswa kelas VII, dan 37 siswa kelas VII yang diambil 30% dari 149
siswa kelas VII A, B, C, D, E (kelompok tilawati 2, 3, dan 4).
Dari pengolahan data hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai
berikut (1) perencanaan program pembelajaran yaitu pengelompokan siswa,
perekrutan guru, pembinaan rutinan guru, penyusunan standar operasional
pembelajaran (SOP), silabus dan program pengajaran harian. Perencanaan proses
pembelajaran sepenuhnya diserahkan kepada guru dari persiapan materi, media
dan sarana. (2) pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal dengan
mengucapkan salam dan do'a pembuka, pada kegiatan inti menggunakan peraga
tilawati dan buku tilawati dengan tehnik (guru membaca siswa mendengarkan,
guru membaca siswa menirukan, guru dan siswa membaca bersama-sama), dan
pada kegiatan penutup dengan do'a penutup, motivasi, mengucapkan salam. (3)
evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu evaluasi pre test, evaluasi harian,
evaluasi pra munaqosyah, dan munaqosyah kenaikan jilid. Tehnik evaluasi
dilakukan dengan tes lisan yang disesuaikan dengan buku tehnik munaqosyah.