Abstract:
Produk Dian Pelangi memiliki banyak sekali cara yang ditempuh untuk
memasarkan produk itu sendiri, dari mulai menggunakan media sosial seperti
Instagram, kemudian melalui website, mengikuti bazzar-bazaar di acara Festival,
dan yang paling ditunggu-tunggu adalah dengan mengikuti acara pekan mode
terbesar di Asia Tenggara, yaitu Jakarta Fashion Week. Oleh sebab itu, penelitian
ini memiliki judul “Komunikasi Pemasaran Produk Dian Pelangi”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui berbagai
macam bentuk promosi yang digunakan oleh produk Dian Pelangi guna
membangun networking dengan pelanggan dan calon pembeli melalui acara
Jakarta Fashion Week 2015. (2) untuk mengetahui persaingan yang dihadapi
produk Dian Pelangi selama mengikuti acara Jakarta Fashion Week 2015, dan (3)
untuk mengetahui peranan Jakarta Fashion Week karena telah dipilih sebagai
sarana komunikasi produk Dian Pelangi.
Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah
metode penelitian Kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam metode
penelitian kualitatif ini adalah studi kasus.
Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah terdapat cara unik yang
dilakukan pihak Dian Pelangi untuk membangun relasi atau networking dengan
pelanggan melalui acara Jakart Fashion Week 2015. Hasil penelitian yang kedua
adalah persaingan yang dihadapi oleh Dian Pelangi ketika mengikuti acara Jakarta
Fashion Week 2015 sangat lah ketat. Hasil penelitian yang ketiga adalah
pemilihan Jakarta Fashion Week sebagai sarana komunikasi produk Dian Pelangi
merupakan keputusan yang tepat. Karena Jakarta Fashion Week memiliki peran
yang sangat penting bagi karir produk Dian Pelangi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) promosi yang dilakukan oleh
Dian Pelangi baik dalam membangun relasi dengan pelanggan yang baru maupun
dengan pelanggan yang sudah loyal sudah sangat baik. Salah satunya adalah
dengan memberikan undangan VIP Jakarta Fashion Week 2015. (2) persaingan
yang dihadapi Dian Pelangi di acara Jakarta Fashion Week 2015 sangat ketat,
namun Dian Pelangi tetap dapat bersaing karena produknya yang hand made. (3)
Pemilihan Jakarta Fashion Week sebagai sarana komunikasi produk merupakan
pilihan yang tepat, karena Jakarta Fashion Week telah menjadi acara yang
menentukan karir produk Dian Pelangi