Abstract:
Ketidakpastian mengenai kejadian yang akan dihadapi setiap manusia di masa
depan membuat sebagian orang mengambil langkah preventif untuk kepentingan diri
dan lingkungannya sehingga setiap keluarga di masyarakat perlu menyadari
pentingnya mengambil langkah-langkah protektif untuk jaminan keamanan finansial
dan bantuan penanganan kesehatan bagi satu sama lain. Berkembangnya kehidupan
umat manusia diiringi oleh banyaknya kebutuhan, salah satunya adalah perlindungan
atau proteksi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Oleh karena itu seorang agen
asuransi memerlukan kemampuan yang baik untuk melakukan komunikasi dan
mendapat timbal balik sehingga dapat dilakukan penelitian mengenai “Komunikasi
Persuasi Pada Penawaran Produk Asuransi Allianz”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi secara persuasif
antara agen dengan klien dalam penawaran produk asuransi serta mengetahui teknik
komunikasi persuasi yang digunakan dalam penawaran produk jasa asuransi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan
secara cermat karakteristik dari suatu gejala atau masalah yang diteliti juga fokus
pada pertanyaan dasar “bagaimana” dengan berusaha mendapatkan dan
menyampaikan fakta-fakta dengan jelas, teliti, dan lengkap tanpa banyak detail yang
cenderung tidak penting. Penelitian ini membuktikan bahwa teknik komunikasi
persuasi memiliki peran yang besar dalam kesuksesakan pencapaian tujuan
komunikasi yang diinginkan oleh komunikator. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
setiap teknik persuasi memiliki aplikasi yang efektif dengan cara yang berbeda-beda
untuk digunakan dalam penawaran produk asuransi.