Abstract:
Pengelolaan institusi perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah untuk
dijalankan, dibutuhkan etika untuk mengatur bagaimana seseorang didalamnya
harus bersikap dan berperilaku etis dalam menjalankan tugas dan wewenang
sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, etika pula yang akan menjadikan
moralitas sebagai landasan bertindak dan berperilaku dalam kehidupan bersama
khususnya dalam lingkungan suatu organisasi. Selain itu, untuk mencapai
pembangunan perguruan tinggi yang berkualitas tinggi dan unggul perlu adanya
standar dalam pengelolaannya yaitu dengan konsep Good University Governance
(GUG), sehingga diharapkan etika dalam organisasi dan konsep good university
governance akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kinerja perguruan
tinggi tersebut. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
etika organisasi dan good university governance terhadap kinerja organisasi pada
Institut yang berada di Kota Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
teknik analisis data dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber dan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data primer dalam bentuk
penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada ketua program studi pada Institut
yang berada di Kota Bandung, sedangkan data sekunder yang didapat dengan
melakukan riset pustaka. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan
Uji asumsi klasik, analisis korelasi berganda, dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan pengujian parsial dan simultan, hasil penelitian secara parsial
ini menunjukan bahwa etika organisasi berpengaruh sebesar 28,8% terhadap
kinerja organisasi, good university governance juga memiliki pengaruh sebesar
32,4% terhadap kinerja organisasi. sedangkan secara simultan hasilnya
menunjukan bahwa etika organisasi dan good university governance berpengaruh
sebesar 61,2% terhadap kinerja organisasi dan sisanya sebesar 38,8% merupakan
faktor lain diluar variabel etika organisasi dan good university governance
terhadap kinerja organisasi.