Abstract:
Implementasi merupakan suatu proses yang sangat penting ketika berbicara penerapan program baik itu yang bersifat sosial atau dalam dunia pendidikan. Implementasi program merupakan lakang-langkah pelaksanaan kegiatan dalam upaya mencapai tujuan dari program itu sendiri, Jones (dalam Arif Rohman 2009: 101-102) menyebutkan implemetasi program merupakan salah satu komponen dalam suatu kebijakan. Implementasi program merupakan upaya yang berwenang untuk mencapai tujuan. didapat hasil bahwa dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui buku kegiatan harian siswa dilakukan secara rutin dengan tujuan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan siswa. Selain pembentukan karakter disiplin yang dilakukan di sekolah, pembentukan disiplin juga dilakukan di rumah dengan pengawasan orang tua. Dalam program ini juga terdapat hambatan yang diantaranya, masih kurang tegasnya orang tua dalam menerapkan peraturan dalam pembentukan karakter disiplin ketika siswa berada di lingkungan rumah, kurang terlibatnya kepala sekolah secara langsung dalam memberikan motivasi kepada siswa dan masih kurang lengkapnya sarana dan prasarana pendukung seperti masih belum adanya loker atau rak untuk menyimpan sepatu ketika siswa di sekolah.