Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Public Relations Cipaganti Group dalam Upaya memulihkan Reputasi Perusahaan

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator iklimatin, yayu
dc.creator Fuady, Muhammad E
dc.date 2015-06-02
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2116
dc.description Public Relations as a part of the organization becomes a necessity that is sometimes overlooked. However, when problems arise and cause a crisis in the company, making the company helter-skelter looking for a public relations practitioner who is considered as a solution. Public Relations arises because of the demands, especially in matters of building the image and reputation of an organization or enterprise. This study discusses Cipaganti Strategic Public Relations Group in the Corporate Reputation Recovery Efforts. Public Relations required to always be alert to handle any crisis within the company so that the crisis does not damage the reputation of the company. If the tarnished reputation, the Public Relations optimally should strive to restore the company's reputation. To conduct effective prevention strategies are needed specifically for the purpose of which is expected to be achieved by the company. Identify the problem in this research is how the process Cipaganti crisis? How Public Relations Cipaganti first step in dealing with the crisis? How Public Relations Cipaganti efforts in dealing with the crisis? The approach used is a case study in the form of a single case design. The essence of the case study, the main trend of all kinds of case studies is to try to explain decisions on why such studies have been, how to implement it and what the outcome (Scramm, in Yin, 2003: 17). Based on the results we concluded that the crisis originated Cipaganti of crises that occurred several years ago before 2014. The crisis arose because the management is less attention to the system while the organization managed company is a large company which consists of several companies that together in a group called Cipaganti Group. The initial step is also a major step undertaken by separating the management company is troubled that Cipaganti cooperative management with management that is not problematic that the management company Cipaganti. Efforts were made Cipaganti management group is (1) with the revision of the organizational structure (2) sell the shares that are considered not to provide benefits or even difficult to get the advantage and disadvantage of the company (3) does rebranding the company initially named Cipaganti Cipta Graha be Maharlika Nusantara Citra Corpora.
dc.description Public Relations sebagai suatu bagian dari organisasi menjadi suatu kebutuhan yang kadang diabaikan. Tetapi, ketika permasalahan muncul dan menyebabkan krisis pada perusahaan, membuat perusahaan pontang-panting mencari praktisi Public Relations yang dianggap sebagai solusi. Public Relations timbul karena adanya tuntutan kebutuhan khususnya dalam masalah membangun citra dan reputasi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Penelitian ini membahas tentang Strategi Public Relations Cipaganti Group dalam Upaya Memulihkan Reputasi Perusahaan. Public Relations dituntut untuk selalu siap siaga dalam menangani segala krisis dalam perusahaan agar dampak krisis tidak merusak reputasi perusahaan. Bila reputasi tercoreng, maka Public Relations harus berupaya secara optimal untuk memulihkan reputasi perusahaan. Untuk melakukan penanggulangan yang efektif dibutuhkan strategi-strategi khusus agar tujuan yang diharapkan dapat dicapai perusahaan. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses terjadinya krisis Cipaganti? Bagaimana langkah awal Public Relations Cipaganti dalam menangani krisis? Bagaimana upaya Public Relations Cipaganti dalam menangani krisis? Adapun pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dalam bentuk desain kasus tunggal. Essensi studi kasus, kecenderungan utama dari semua jenis studi kasus adalah mencoba menjelaskan keputusan-keputusan tentang mengapa studi tersebut dipilih, bagaimana mengimplementasikannya dan apa hasilnya (Scramm, dalam Yin, 2003:17). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadinya krisis Cipaganti berawal dari krisis-krisis yang terjadi beberapa tahun yang lalu sebelum tahun 2014. Krisis ini muncul karena pihak manajemen yang kurang begitu memperhatikan sistem organisasi sedangkan perusahaan yang dikelola adalah perusahaan besar yang terdiri dari beberapa perusahaan yang disatukan dalam sebuah group bernama Cipaganti Group. Langkah awal yang juga merupakan langkah utama yang dilakukan perusahaan adalah dengan memisahkan manajemen yang bermasalah yaitu manajemen Koperasi Cipaganti dengan manajemen yang tidak bermasalah yaitu manajemen perusahaan Cipaganti. Upaya-upaya yang dilakukan manajemen Cipaganti group adalah (1) dengan dilakukannya perubahan struktur organisasi (2) menjual saham yang dianggap tidak dapat memberikan keuntungan atau bahkan sulit dalam mendapatkan keuntungan dan merugikan perusahaan (3) melakukan rebranding perusahaan yang semula bernama Cipaganti Cipta Graha menjadi Citra Maharlika Nusantara Corpora.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2116/pdf
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 300-306
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 300-306
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject Strategy, Public Relations, Reputation
dc.subject
dc.subject Strategi, Public Relations, Reputasi
dc.title Strategi Public Relations Cipaganti Group dalam Upaya memulihkan Reputasi Perusahaan
dc.title Strategi Public Relations Cipaganti Group dalam Upaya Memulihkan Reputasi Perusahaan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account