Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kualitas Informasi Akademik dengan Pemanfaatan Grup Chat LINE di Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Irna, Dhiya
dc.creator Fuady, M E
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/4021
dc.description Abstract.Communication activities carried out to meet the necessities of life, one of them as the needs of the students in obtaining academic information. The communication process in the time of growing, it would be easier to do if they are supported by the technology LINE application that provides features an onlinechat group onlinemedia that serve as an alternative space for the students as users can search for academic information. However, not all applications can be accessed through the entire communication devices other than smartphones or gadgets to be able to obtain the required academic information of students. Moreover, if the application is onlinecan only be accessed through a smartphone with a specific type To obtain a requirement, then the students make a group chat LINE application as an alternative in the search for information in order to improve the quality of academic information acquisition through the use of appropriate faculty LINE chat group and his generation respectively in UNISBA. The purpose of this research was to investigate the relation between quality of academic information with the use of group chat LINE in UNISBA. This research uses the quality of information theory and the theory of shared social presence (social co-presence) Respondents in this study were the students as a group chat users LINE appropriate forces and faculty at UNISBA respectively sub-sub variable quality of the information studied are based on the time dimension of information, dimension information content, and dimensional shape information with sub variables of the utilization of group chat LINE namely mutual connectedness, social wealth of media and user satisfaction.The method used in this research is the use of questionnaires with 100 respondents and use correlational research approach. Data analysis techniques calculated using rank-order correlation (Spearman's Rho) The results showed that there is a relation between the sub variable quality academic information with sub variables of utilization group chat LINE As for suggestions and input to the LINE applications in improving the quality of information is to enhance the application features through various programs more attractive and innovativeAbstrak.Kegiatan komunikasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya seperti kebutuhan para mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan akan informasi akademik. Proses komunikasi yang dilakukan pada zaman yang semakin berkembang, akan lebih mudah dilakukan jika didukung oleh teknologi yang semakin canggih. Aplikasi LINE yang menyediakan fitur grup chat online merupakan media onlineyang dijadikan sebagai ruang alternatif bagi para mahasiswa sebagai penggunanya untuk dapat mencari informasi akademik. Namun, tak semua aplikasi dapat diakses melalui seluruh alat komunikasi selain smartphone atau gadget untuk dapat memenuhi perolehan informasi akademik yang dibutuhkan para mahasiswa. Terlebih, jika aplikasi online tersebut hanya dapat diakses melalui smartphone dengan jenis tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan, maka para mahasiswa menjadikan aplikasi grup chat LINE sebagai alternatif dalam mencari informasi guna meningkatkan perolehan informasi akademik yang berkualitas melalui pemanfaatan grup chat LINE sesuai fakultas dan angkatannya masing-masing di UNISBA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas informasi akademik dengan pemanfaatan grup chat LINE di UNISBA. Penelitian ini menggunakan teori kualitas informasi dan teori kehadiran sosial bersama (social copresence). Responden dalam penelitian ini adalah para mahasiswa sebagai pengguna grup chat LINE sesuai angkatan dan fakultasnya masing-masing di UNISBA. Sub-sub variabel kualitas informasi yang diteliti terdiri dari dimensi waktu informasi, dimensi konten informasi, dan dimensi bentuk informasi dengan sub-sub variabel pemanfaatan grup chat LINE yaitu keterhubungan timbal balik, kekayaan sosial media dan kepuasan pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dengan jumlah 100 responden dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sub-sub variabel kualitas informasi akademik dengan sub-sub variabel pemanfaatan grup chat LINE. Adapun saran-saran dan masukan kepada aplikasi LINE dalam meningkatkan kualitas informasi adalah dengan meningkatkan fitur-fitur aplikasi melalui berbagai program-program yang lebih menarik dan inovatif.
dc.description Kegiatan komunikasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya seperti kebutuhan para mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan akan informasi akademik. Proses komunikasi yang dilakukan pada zaman yang semakin berkembang, akan lebih mudah dilakukan jika didukung oleh teknologi yang semakin canggih. Aplikasi LINE yang menyediakan fitur grup chat online merupakan media onlineyang dijadikan sebagai ruang alternatif bagi para mahasiswa sebagai penggunanya untuk dapat mencari informasi akademik. Namun, tak semua aplikasi dapat diakses melalui seluruh alat komunikasi selain smartphone atau gadget untuk dapat memenuhi perolehan informasi akademik yang dibutuhkan para mahasiswa. Terlebih, jika aplikasi online tersebut hanya dapat diakses melalui smartphone dengan jenis tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan, maka para mahasiswa menjadikan aplikasi grup chat LINE sebagai alternatif dalam mencari informasi guna meningkatkan perolehan informasi akademik yang berkualitas melalui pemanfaatan grup chat LINE sesuai fakultas dan angkatannya masing-masing di UNISBA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas informasi akademik dengan pemanfaatan grup chat LINE di UNISBA. Penelitian ini menggunakan teori kualitas informasi dan teori kehadiran sosial bersama (social copresence). Responden dalam penelitian ini adalah para mahasiswa sebagai pengguna grup chat LINE sesuai angkatan dan fakultasnya masing-masing di UNISBA. Sub-sub variabel kualitas informasi yang diteliti terdiri dari dimensi waktu informasi, dimensi konten informasi, dan dimensi bentuk informasi dengan sub-sub variabel pemanfaatan grup chat LINE yaitu keterhubungan timbal balik, kekayaan sosial media dan kepuasan pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dengan jumlah 100 responden dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sub-sub variabel kualitas informasi akademik dengan sub-sub variabel pemanfaatan grup chat LINE. Adapun saran-saran dan masukan kepada aplikasi LINE dalam meningkatkan kualitas informasi adalah dengan meningkatkan fitur-fitur aplikasi melalui berbagai program-program yang lebih menarik dan inovatif.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/4021/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 591-598
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 591-598
dc.source 2460-6510
dc.subject Proceedings of Public Relations
dc.subject Quality of Information, Social Media, Apps LINE, The Use of Social Media.
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Kualitas Informasi, Media Sosial, Aplikasi LINE, Pemanfaatan Media Sosial
dc.title Hubungan antara Kualitas Informasi Akademik dengan Pemanfaatan Grup Chat LINE di Universitas Islam Bandung (UNISBA)
dc.title Hubungan antara Kualitas Informasi Akademik dengan Pemanfaatan Grup Chat LINE di Universitas Islam Bandung (UNISBA)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Studi Korelasional antara Kualitas Informasi Akademik dengan Pemanfaatan Grup Chat LINE pada Mahasiswa Pengguna Grup Chat LINE di UNISBA


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account