Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Program Tayangan ‘INI TALKSHOW’ di Stasiun Televisi NET

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Kurnia, Damayanti
dc.creator Kurniadi, Oji
dc.date 2015-06-02
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2170
dc.description The broadcasting industry of Indonesia is going to show the huge developement. Most of television stations have been coming up with any kind of TV Programs particulary on entertaiment programs. NET as one of the new TV station in Indonesia established on Mei, 18th 2013, has been giving entertaiment program which is fresh, innovative and also very interesting called ‘INI TALKSHOW’. This two hours program present the talkshow format completed by comedy without lacking the informative and educative contents. This program has been getting the positive response of citizen. For instance on Twitter, the quiz which they held everyday on Twitter mostly always hit the trending topic in Indonesia even Worldwide. Moreover, according to Nielsen data about share and rating, this program has been increasing gradually time by time. Therefore, the author interested to find out the program strategy of ‘INI Talk Show’. Because the author does believe that the program strategy is the key of succesful TV programs. This study uses the descriptive method by interview and observation technique to find out the program strategy based on Morissan’s concept from planning, production, execution, to evaluation. They started a planning by analized the audience for TV primetime, found out the best concept, then created a pilot project, schedulling and prepare for production. Production devided into three parts there are pre production, production, and post production handled by production team. For the execution, this program using stripping strategy to grab the audience as much as possible. For the last, evaluation held in daily, weekly, and monthly to make this program has better quality.
dc.description Industri Penyiaran di Indonesia kini semakin menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Banyaknya stasiun televisi yang hadir membuat program televisipun semakin beragam terutama program-program yang ber-genre hiburan. NET. sebagai salah satu stasiun televisi baru di Indonesia yang resmi diluncurkan pada 18 Mei 2013, telah menunjukan upayanya memberi program-program hiburn yang fresh, inovatif, dan sangat menghibur. Salah satunya adalah program ‘INI Talk Show’. Program yang berdurasi dua jam ini mempersembahkan format talkshow yang dilengkapi dengan nuansa komedi tanpa mengurangi unsur informatif dan edukatif. Program ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat. Diantaranya melalui kuis Twitter yang hampir setiap hari meraih trending topic Indonesia bahkan mendunia. Selain itu, dilihat dari data riset Nielsenpun menunjukan bahwa share rating program ini cenderung mengalami kenaikan secara bertahap dari awal kemunculannya hingga kini. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti strategi program dari ‘INI Talk Show’ di NET. karena penulis meyakini bahwa sebuah strategi program adalah kunci dari kesuksesan program televisi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mencari tahu strategi programnya berdasarkan konsep Morisan yang meliputi perencanaan, produksi, eksekusi hingga evaluasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu perencanaan program meliputi analisis audien di jam primetime, menentukan konsep program keseluruhan, membuat pilot project dan schedulling serta prepare untuk tahap produksi. Tahap produksi dihandle oleh tim produksi yang terbagi dalam pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Sementara untuk eksekusinya program ini menggunakan strategi stripping untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin. Tahap evaluasi sendiri rutin dilakukan secara berkala baik itu harian melalui applikasi obrolan, mingguan setiap hari Jumat, bulanan agar program selalu lebih baik kualitasnya.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2170/pdf
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 360-367
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 360-367
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject program, televisi, talkshow, produksi
dc.subject Ilmu Komunikasi; Public Relations
dc.subject program, televisi, talkshow, produksi
dc.title Strategi Program Tayangan ‘INI TALKSHOW’ di Stasiun Televisi NET
dc.title Strategi Program Tayangan 'INI TALKSHOW' di Stasiun Televisi NET.
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account