dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Fajarwati, Dhella Aprilia |
|
dc.creator |
Yuningsih, Ani |
|
dc.date |
2016-02-06 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2372 |
|
dc.description |
Strategi media relations meliputi: mengelola relasi, mengembangkan relasi, dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini berjudul “Strategi Media Relations Humas SKK Migas Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Publik”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data untuk penelitian ini didapat dari wawancara mendalam dengan Kepala Urusan Hubungan Media SKK Migas dan staff Urusan Hubungan Media SKK Migas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca kasus korupsi yang menimpa SKK Migas, Humas SKK Migas memiliki strategi khusus dalam mengelola relasi yaitu menjalin kontak regular dengan para pembentuk opini dari akademisi maupun praktisi melalui bantuan media. Kemudian, dalam mengembangkan strategi Humas SKK Migas memiliki taktik khusus serta kebijakan yaitu KPI (Key Performance Indicator) menjadi target kinerja bagi setiap divisi Humas. Program yang berjalan mengenai media relations juga sudah berjalan baik. Namun setelah ditelaah lagi dari hasil wawancara dengan para wartawan media, menunjukkan bahwa beberapa program media relations yang seharusnya gencar dilakukan, frekuensinya malah agak menurun pasca kejadian tersebut. Hal itu dikarenakan pasca kasus tersebut kinerja dari para staff Humas agak menurun, keterbatasan mekanisme anggaran dana dan terpaku dengan program-program yang sudah ada. Dengan kondisi tersebut, Humas SKK Migas terus melakukan perbaikan-perbaikan kinerja dan meningkatkan lagi kreatifitasnya untuk membuat strategi-strategi serta taktik khusus dalam melaksanakan media relations serta dalam menanggapi pemberitaan negatif. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Hubungan Masyarakat |
|
dc.publisher |
Prosiding Hubungan Masyarakat |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2372/pdf |
|
dc.source |
Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2016); 81-88 |
|
dc.source |
Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2016); 81-88 |
|
dc.source |
2460-6510 |
|
dc.subject |
Hubungan Masyarakat |
|
dc.subject |
Public Relations, Media relations, Strategi, Media |
|
dc.title |
Strategi Media Relations Humas SKK Migas sebagai Sarana Komunikasi Publik |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
kualitatif |
|