Abstract:
Skripsi ini berjudul “Positioning PJTV Sebagai Stasiun Televisi Lokal di
Kota Bandung (Studi Deskriptif Dengan Data Kualitatif Mengenai Analisis
SOSTAC pada Positioning PJTV dalam Mempertahankan Eksistensi di Tengah
Persaingan Televisi Lokal di Kota Bandung)”. Permasalahan yang diangkat
mengenai Positioning yang dilakukan PJTV dalam mempertahankan
eksistensinya di tengah persaingan televisi lokal di Kota Bandung.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji Positioning yang dilakukan
oleh PJTV, sehingga dapat membentuk pemirsa televisi lokal yang loyal terhadap
PJTV. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menggunakan analisis SOSTAC
(Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Actions dan Control) dalam menganalisis
positioning yang dilakukan oleh PJTV sebagai stasiun televisi lokal di kota
Bandung.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu pada tahap situation
PJTV menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,
Threats) dalam menganalisis situasi internal, eksternal dan pesaing. Pada tahap
objectives, PJTV merumuskan tujuan perusahaan kedalam visi dan misi, serta
target jangka panjang dan jangka pendek. Pada tahap Strategy, Positioning yang
dilakukan PJTV menggunakan dua macam strategi promosi yaitu push strategy
dan pull strategy. Positioning PJTV dituangkan dalam tagline stasiun televisinya
yaitu, “Seratus Persen Lokal” yang dikomunikasikan melalui berbagai program
siaran on air, kegiatan off air, dan kegiatan lainnya. Dalam tactics dan actions,
PJTV menggunakan media promosi above the line dan below the line dalam
pelaksanaan Positioning stasiun televisinya. Terakhir, pada tahap Control PJTV
melakukan controling setiap hari pada setiap kegiatan perusahaan, sedangkan
pengevaluasian positioning PJTV berupa rapat kerja bulanan dengan semua divisi.