Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Nasabah dalam Meyimpan Dana di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Muamalat) (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Zubir, Nurmalinda
dc.date 2017-01-25
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5292
dc.description Abstract.In 1997 Muamalat Bank Indonesia established Muamalat retirement fund for financial institutions (DPLK), a nonbank institution specialized manage pension fund with defined contribution, therefore the residents be able to utilize the program or pension product for preparing a more prosperous old security. Considering that the pension fund is a long-term prosperity program, then what is needed is an optimal result, safe and efficient management, as well as easy and pleasant service. “Customer knowledge is all information that customer had concerning all the sort of product and services”, “as well as other knowledge related to such products and services, and the information related to its function as a consumer”.  The customer knowledge concerning DPLK Muamalat could become a consideration for the customer to choosefor saving their fund in the DPLK. If the marketer success to give a clear knowledge of the Pension Fund Muamalat, therefore the customer will consider to choosing the DPLK Muamalat services. The growth of DPLK Muamalat will be higher if there are a high demand and enthusiasm of people due to the increasing of their knowledge and understanding about DPLK Muamalat, despite another factor. Abstrak.Pada tahun 1997 Bank Muamalat Indonesia mendirikan Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Muamalat, yaitu sebuah lembaga keuangan non bank yang khusus mengelola program pensiun dengan jenis Iuran Pasti, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan program atau produk tabungan pensiun ini untuk mempersiapkan hari tua yang lebih sejahtera. Mengingat bahwa program pensiun merupakan program kesejahteraan jangka panjang, maka yang diperlukan adalah hasil yang optimal, pengelolaan yang aman dan efisien, serta layanan yang mudah dan menyenangkan. “Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa”[1], “serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut  dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen”.[2] Pengetahuan konsumen tentang DPLK Muamalat dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih menyimpan dana mereka di DPLK itu sendiri. Jika pemasar berhasil memberikan  pengetahuan yang jelas mengenai DPLK Muamalat, maka bisa jadi konsumen akan mempertimbangkan memilih jasa DPLK Muamalat. DPLK Muamalat akan semakin tinggi lagi pertumbuhannya apabila masyarakat mempunyai permintaan dan antusias yang tinggi dikarenakan faktor peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang DPLK Muamalat., disamping faktor penyebab lainnya. 
dc.description Pada tahun 1997 Bank Muamalat Indonesia mendirikan Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Muamalat, yaitu sebuah lembaga keuangan non bank yang khusus mengelola program pensiun dengan jenis Iuran Pasti, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan program atau produk tabungan pensiun ini untuk mempersiapkan hari tua yang lebih sejahtera. Mengingat bahwa program pensiun merupakan program kesejahteraan jangka panjang, maka yang diperlukan adalah hasil yang optimal, pengelolaan yang aman dan efisien, serta layanan yang mudah dan menyenangkan. “Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa”[1], “serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut  dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen”.[2] Pengetahuan konsumen tentang DPLK Muamalat dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih menyimpan dana mereka di DPLK itu sendiri. Jika pemasar berhasil memberikan  pengetahuan yang jelas mengenai DPLK Muamalat, maka bisa jadi konsumen akan mempertimbangkan memilih jasa DPLK Muamalat. DPLK Muamalat akan semakin tinggi lagi pertumbuhannya apabila masyarakat mempunyai permintaan dan antusias yang tinggi dikarenakan faktor peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang DPLK Muamalat., disamping faktor penyebab lainnya. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5292/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 47-52
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 47-52
dc.source 2460-2159
dc.subject Financial Institutions & Syariah Banking
dc.subject Customer knowledge, customer decision, pension fund, DPLK Muamalat
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Pengetahuan Konsumen, Keputusan Nasabah, Dana Pensiun, DPLK Muamalat
dc.title Pengaruh Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Nasabah dalam Meyimpan Dana di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Muamalat) (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung)
dc.title Pengaruh Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Nasabah dalam Meyimpan Dana di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Muamalat) (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account