Universitas Islam Bandung Repository

Komunikasi Interpersonal Pengajar Dengan Murid di Homey Korean Language Club Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Sari, Tanti Rosdenia
dc.creator Palapah, Maya Amalia Oesman
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6216
dc.description Abstract.Hallyu Wave phenomenon originating from South Korea resulted in increased interest in learning the Korean Language in the community. Knowing more about Korean Language could have a start with two ways; First, in a formal institution such as School and Majors in Universities; Second, being part of a community or club that are build because of an influence from or for Korea. The purpose of this research are for; Acknowledge about Communication activities between the students nor teacher in Homey Korean Language Club Bandung. Knowing the factors that led to some dysfunctions for communicating between the neither students nor teacher. Learning the factors that led to build communication between neither students nor teacher in Homey Korean Language Club Bandung. This research used a qualitative method with descriptive approach. The key informant in this research was Kaleb Park who a teacher at Homey with two other students whom are Leader of Homey and Educational Division. The result of this study indicate that interpersonal communication between teacher and students are good for their openness and mutual receive between teacher and students although is still have barriers in terms of culture and language. Homey interest student in becoming one of the factors supporting the establishment of effective interpersonal communication.Abstrak.Fenomena Hallyu Wave yang berasal dari Korea Selatan mengakibatkan minat belajar bahasa Korea meningkat di kalangan masyarakat. Mempelajari bahasa Korea pun bisa dengan dua cara yaitu dengan cara formal seperti bersekolah di universitas yang memiliki jurusan bahasa Korea dan secara non-formal dengan mengikuti sebuah klub atau komunitas tentang Korea. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung. Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor penghambat komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung.Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor pendukung komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kaleb Park yang merupakan pengajar dari Homey serta dua orang murid Homey sekaligus Ketua Homey serta Koor Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pengajar dengan murid terjalin dengan baik karena adanya keterbukaan dan sikap saling menerima antara pengajar dengan murid di Homey walaupun tetap mempunyai hambatan dalam segi budaya serta bahasa. Ketertarikan para murid di Homey menjadi salah satu faktor pendukung terjalinnya komunikasi interpersonal yang efektif.
dc.description Fenomena Hallyu Wave yang berasal dari Korea Selatan mengakibatkan minat belajar bahasa Korea meningkat di kalangan masyarakat. Mempelajari bahasa Korea pun bisa dengan dua cara yaitu dengan cara formal seperti bersekolah di universitas yang memiliki jurusan bahasa Korea dan secara non-formal dengan mengikuti sebuah klub atau komunitas tentang Korea. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung. Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor penghambat komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung.Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor pendukung komunikasi interpersonal pengajar dengan murid di Homey Korean Language Club Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kaleb Park yang merupakan pengajar dari Homey serta dua orang murid Homey sekaligus Ketua Homey serta Koor Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pengajar dengan murid terjalin dengan baik karena adanya keterbukaan dan sikap saling menerima antara pengajar dengan murid di Homey walaupun tetap mempunyai hambatan dalam segi budaya serta bahasa. Ketertarikan para murid di Homey menjadi salah satu faktor pendukung terjalinnya komunikasi interpersonal yang efektif.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6216/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 190-196
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 190-196
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Hallyu Wave, Homey, Interpersonal Communication, South Korea
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Hallyu Wave, Homey, Komunikasi Interpersonal, Korea Selatan
dc.title Komunikasi Interpersonal Pengajar Dengan Murid di Homey Korean Language Club Bandung
dc.title Komunikasi Interpersonal Pengajar Dengan Murid di Homey Korean Language Club Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account