dc.description.abstract |
Positioning merupakan sesuatu hal yang melibatkan perubahan dari calon
konsumen untuk lebih mengetahui produk dari perusahaan yang mengiklankan
produknya. Dalam hal ini, positioning Air Mineral dalam Kemasan (AMDK)
Perhutani menciptakan cara merubah pikiran calon konsumen untuk berpaling
kepada produk yang di pasarkannya. Alasan lain penulis meneliti positioning dari
Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Perhutani dalam membangun merek di
dunia perusahaan air mineral diantaranya yaitu pertama sebelumnya Perhutani
dikenal dengan produk seperti madu biasa dan madu liar yang mempunyai
kualitas baik di mata masyarakatnya. Namun dalam waktu dekat ini, pihak
Perhutani mengeluarkan produk air mineral bernama “AMDK” Perhutani di mana
tidak semua masyarakat mengenal produk itu sendiri. Selain itu, ternyata air
mineral “AMDK” Perhutani sangat dikenal oleh masyarakat Jepang karena air
tersebut berbeda dengan air mineral biasa. Kebanyakan air mineral “AMDK”
Perhutani di ekspor ke Negara Jepang setiap minggunya karena masyarakat
Jepang sangat berminat terhadap air “AMDK” Perhutani yang berbeda dengan air
mineral biasanya. Air “AMDK” Perhutani lebih dingin dan lebih segar karena air
tersebut di ambil dari mata air pegunungan yang berada di daerah Jawa Barat.
Tujuan penelitian untuk mengetahui penempatan kekuatan nama produk,
mengetahui penempatan posisi perusahaan, serta untuk mengetahui memainkan
penempatan posisi produk Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Perhutani dalam
menghadapi persaingan bisnis air mineral. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan
berbagai kondisi, berbagai situasi yang timbul di masyarakat yang menjadi objek
penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Teknik pengumpulan data berupa,
wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil pembahasan yang menunjukkan bahwa menempatkan
kekuatan nama, penempatan posisi perusahaan, serta memainkan penempatan
posisi produk air mineral dalam kemasan (AMDK) Perhutani dalam memasarkan
dan memperkenalkan produk AMDK Perhutani lebih menonjolkan harga yang
lebih murah dibandingkan dengan produk air lain, AMDK juga dalam segi
kedinginan air lebih dingin dan lebih murni dibandingkan dengan air mineral
produk lain, hal tersebut berdasarkan survey dari masyarakat Jepang yang tertarik
dan menyukai AMDK yang dingin alami dibandingkan dengan air mineral
lainnya. |
en_US |