Abstract:
Pemasaran modern membutuhkan sebuah komunikasi interaktif dan
berkesinambungan dengan pelanggan. Kehadiran new media sebagai produk dari
kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat memfasilitasi
pemasar dalam kegiatan pemasarannya pada era digital seperti sekarang ini. Oleh
sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan new media dalam
kegiatan pemasaran jasa oleh GO-JEK Indonesia melalui media sosial dan
aplikasi mobile.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis
mengenai pemanfaatan new media dalam kegiatan pemasaran jasa GO-JEK
Indonesia dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.
Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang berkaitan dengan penelitian,
yaitu pihak GO-JEK Indonesia dan konsumennya
Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa
media sosial dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran oleh GO-JEK
Indonesia karena media sosial merupakan channel marketing yang paling efektif
pada era digital seperti saat sekarang ini. Media sosial tersebut digunakan oleh
GO-JEK Indonesia sebagai media promosi, informasi, sosialiasai dan engagement
kepada pelanggan. Kemudian, untuk menguatkan image sebagai ojek online, GOJEK
meluncurkan aplikasi mobile agar memudahkan pelanggan untuk
menggunakan jasanya.