Abstract:
Perkembangan bank syariah di Indonesia masih belum dinilai baik oleh
konsumen karena masyarakat kita belum paham akan sistem perbankan syariah
yang selama ini mereka terbiasa dengan lingkungan bank konvensional. Untuk itu
pihak Bank Syariah perlu menetapkan promosi yang tepat untuk menciptakan
kesadaran, pengetahuan, kesukaan, preferensi, keyakinan dan tindakan masyarakat
terhadap produk Bank Syariah sehingga menghasilkan tanggapan pelanggan yang
positif tentang pelaksanaan bauran promosi islami yang dilakukan Bank Syariah.
Promosi yang dilakukan di BRISyariah KCP Kopo adalah periklanan yang islami,
penjualan pribadi yang islami, acara&pengalaman yang Islami, dan promosi
penjualan yang Islami. Berdasarkan fakta di lapangan mengatakan bahwa, sikap
konsumen tidak selalu positif terhadap suatu produk yang mereka beli, artinya
nasabah yang melakukan pembukaan rekening tabungan di BRISyariah KCP
Kopo tidak selalu memberikan tanggapan yang positif tentang pelaksanaan bauran
promosi islami yang telah diterapkan oleh BRISyariah KCP Kopo. Maka rumusan
masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bauran promosi Islami
tabungan BRISyariah iB di BRISyariah KCP Kopo dan bagaimana tanggapan
pelanggan tentang pelaksanaan bauran promosi Islami tabungan BRISyariah iB di
BRISyariah KCP Kopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi
Islami produk tabungan BRISyariah iB di BRISyariah KCP Kopo dan tanggapan
nasabah tentang pelaksanaan bauran promosi Islami produk tabungan BRISyariah
iB di BRISyariah KCP Kopo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
menggunakan pedoman wawancara dan pedoman kuesioner, yaitu dengan cara
menyebarkan kuesioner kepada responden yang diambil dengan cara simple
random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi penjualan Islami tabungan
BRISyariah iB di BRISyariah KCP Kopo belum dilakukan sesuai dengan konsep
promosi Islam. Ada sejumlah responden yang belum menyadari dan bertambah
pengetahuannya tentang kehadiran produk tabungan BRISyariah iB, serta ada
sejumlah responden yang belum menyukai (favorable), lebih menyuk