Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian, mendeskripsikan
hasil analisis, dan mencari solusi optimal sistem antrian pembayaran pajak
kendaraan satu tahunan di SAMSAT Kota Bandung. Pada proses pembayaran
pajak kendaraan 1 tahunan di SAMSAT Kota Bandung telah diketahui bahwa
sistem antriannya menggunakan model multi channel multi phase yaitu sistem
antrian yang terdiri dari server yang tersusun secara seri atau terdiri dari beberapa
phase. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu
bentuk penelitian dengan mengadakan analisis terhadap perbandingan yang
diperoleh dari objek penelitian dengan pengetahuan teoritis yang berhubungan
erat dengan masalah yang diteliti.
.
Penelitian dalam skripsi ini diawali dengan membuat desain sistem antrian di
Kantor SAMSAT Kota Bandung. Kemudian dilakukan pengambilan data pada
tiap loket berupa banyak kedatangan dan keberangkatan tiap 30 menit. Data yang
didapat tersebut kemudian dihitung untuk mengetahui data tersebut terdistribusi
Poisson dan pelayanannya terdistribusi eksponensial. Setelah diketahui, langkah
selanjutnya adalah melakukan analisis kinerja sistem antrian dari tiap phase yaitu
berupa rata-rata banyaknya customer dalam sistem, rata-rata banyaknya customer
dalam antrian, rata-rata lama customer dalam sistem, dan rata-rata lama customer
dalam antrian. Untuk memenuhi target waktu pembayaran pajak kendaraan satu
tahunan kurang dari 10 menit maka dilakukan perhitungan pengambilan
keputusan guna menentukan jumlah loket yang optimal berdasarkan model tingkat
aspirasi.