dc.description.abstract |
Aktivitas komunikasi pada komunitas Big Reds sebagai komunitas
pendukung Liverpool FC Bandung di mana mereka sangat fanatik dalam
mendukung Liverpool dibandingkan dengan tim liga Indonesia. Bagi Big Reds
Bandung aktivitas komunikasi dari cara mendukung tim Liverpool harus tetap
solid sekalipun tim kesayangannya menang ataupun kalah. Aktivitas komunikasi
pada komunitas Big Reds sebagai komunitas pendukung Liverpool FC Bandung
karena sesama pendukung saling akrab tidak seperti halnya para pendukung yang
lainnya sehingga hal tersebut sebagai bentuk identitas yang tidak sama dengan
pendukung dari klub lainnya.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori umumnya yaitu
menggunakan teori komunikasi kelompok. Adapun teori khusus yaitu teori
etnografi komunikasi Dell Haymes yang analisisnya lebih menekankan kepada
situasi komunikasi, peristiwa komunikasi, dan tindakan komunikasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
perspektif etnografi komunikasi Dell Haymes, yaitu metode yang melukiskan
secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data, sifat serta hubungan
fenomena yang diteliti, dan kemudian dianalisis berdasarkan etnografi komunikasi
Dell Haymes. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,
observasi, serta studi kepustakaan.
Hasil penelitian dalam konteks situasi komunikasi, peristiwa komunikasi,
dan tindakan komunikasi pada komunitas Big Reds sebagai komunitas pendukung
Liverpool FC Bandung menciptakan tradisi dengan gaya bahasa sendiri baik pada
saat berkumpul, nonton bareng dan lain sebagainya. Adapun saran diharapkan
dapat membangun komunikasi yang lebih efektif baik dalam konteks situasi
komunikasi, peristiwa komunikasi, dan tindakan komunikasi pada komunitas Big
Reds sebagai komunitas pendukung Liverpool FC Bandung. |
en_US |