Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Make A Match dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Syaeful Islam, Mochamad Rahmatulloh
dc.date 2017-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6952
dc.description Pengajaran bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal melalui berbagai pendekatan yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Menurut Oemar Hamalik (2006:30) hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Banyak kalangan pelajar menganggap bahwa belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di  meja belajar. Kegiatan itu hampir selalu dirasakan membosankan daripada upaya aktif untuk memperdalam ilmu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya di kelas IV SD Negeri Lembang 11, (2) Aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match di  kelas IV  SD Negeri  11  Lembang  dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya, dan (3) Efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI melalui metode Make a Match di kelas IV SD Negeri 11 Lembang dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif análisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Sampel atau yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 30 siswa.Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh antara lain: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya di kelas IV SD Negeri 11 Lembang yaitu dengan merancang perencanaan tertulis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan kompetensi Dasar (KD) memahami makna iman kepada Malaikat-Malaikat Alloh SWT yang dimulai dengan siklus 1 sampai dengan siklus 3 sesuai dengan kemampuan siswa dan hasil belajarnya dapat meningkat serta mencapai tujuan yang diharapkan dengan mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta membuat perangkat pembelajaran berupa: (a) Soal tes awal (pre test) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal yang siswa miliki, (b) Buku paket Pendidikan Agama Islam yang digunakan sebagai alat untuk latihan siswa  pada setiap selesai pembelajaran, (c) Soal tes akhir (post test) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah melakukan dan mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, (d) Lembar observasi kemampuan siswa yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match di  kelas IV  SD Negeri  11  Lembang  dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya dilaksanakan dalam 3 siklus yang mengacu kepada RPP yang telah disusun oleh peneliti untuk menghasilkan peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan (3) Efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI melalui metode Make a Match di kelas IV SD Negeri 11 Lembang dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya menjadi lebih efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus 1 hasil belajar siswa masih teergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata 65, pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 74 dan pada siklus 3 meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 80 dari 30 siswa.  
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6952/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 140-146
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 140-146
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Efektivitas Pembelajaran, Metode Make a Match dan Pendidikan Agama Islam
dc.title Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Make A Match dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account