Description:
SAIC merupakan sekolah alam yang bercita-cita untuk membangun sekolah unggulan, yang mendidik para siswanya dengan pendidikan yang membentuk karakter keislaman dan membekali para siswanya dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan hidup yang berguna bagi dirinya, masyarakat, negara dan agama Islam. Untuk mencapainya maka diadakanlah proses pembelajaran dengan menggunakan kreatif solution, guna menunjang partisipasi siswa dalam KBM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berbasis kreatif solution pada siswa kelas III, dari awal perencanaannya hingga tindaklanjut dari kreatif solution. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekaan kualitatif. Hasil dari penelitian, yaitu; Konsep dasar pembelajaran berbasis kreatif solution yang dilaksanakan oleh guru yaitu guru harus memahami & mengetahui bahwasanya setiap anak memiliki gaya belajar, kemampuan yang berbeda-beda. Implementasi pembelajaran PAI berbasis kreatif solution berupa perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian yang dilakukan pada saat proses pembelajaran maka dalam pelaksanaannya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan 3 gaya belajar yang terdiri dari: visual, auditori dan kinestetik. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran PAI berbasis kreatif solution yaitu para siswa lebih berpartisipasi dalam KBM sehingga pembelajaran PAI menjadi lebih efektif. Tindak lanjut dari pembelajaran PAI berbasis kreatif solution terlihat dari berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh guru PAI setelah adanya proses evaluasi.