Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Kegiatan Motorik Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Permata Cendikia

Show simple item record

dc.contributor Paud Permata Cendikia
dc.creator Fajrina, Latifa Nur
dc.creator Nuroni, Enoh
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2017-08-14
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8624
dc.description Anak usia dini merupakan periode yang penting dan perlu mendapatkan penanganan sejak dini dan pemberian stimulus yang baik, sempurna maka semua aspek perlu dikembangkan. Salah satu aspek kemampuan yang penting dari perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah kemampuan motorik halus. Salah satu tugas yang harus diperhatikan adalah kegiatan mengguntingnya, karena anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus yang dapat dikembangkan pada masa yang akan datang. Untuk itu terkait dengan kemampuan anak dilakukan di kelompok A PAUD Permata Cendikia Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak sebelum diterapkannya setelah itu mengetahui keterampilan motorik halus anak sesudah diterapkannya dan setelah itu dilihat pengaruh keterampilan motorik halus setelah diterapkan kegiatan menggunting. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen atau One group pretest and posttest design desain ini dikenal pula sebagai desain “sebelum dan sesudah.” Subjek penelitian siswa kelompok A PAUD Permata Cendikia yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Kondisi awal sebelum diterapkannya kegiatan menggunting di kelompok A PAUD Permata Cendikia masih belum optimal, anak masih belum berkembang dalam 7 indikator kemampuan moto rik halus diterapkan kegiatan menggunting. 2). Kemampuan motorik halus diterapkan kegiatan menggunting anak kelompok A PAUD Permata Cendikia setelah diterapkan meningkat adanya perolehan peningkatan anak mampu belum sesuai pola sebanyak 3 anak (27,2), sedangkan kategori sudah mampu sesuai pola sebanyak 5 anak (45,4), dan kategori sudah mampu dan rapih sesuai pola sebanyak 3 anak (27,2). 3). Hasil dari upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting yaitu terdapat  peningkatan keterampilan motorik halus anak.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8624/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 80-85
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 80-85
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject keterampilam motorik halus, kegiatan menggunting, kelompok A
dc.title Pengaruh Kegiatan Motorik Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Permata Cendikia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account