Description:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan berempati anak yang ditunjukkan oleh kurangnya sikap menolong, berbagi dan saling memaafkan diantara teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 sebanyak 9 anak di Paud Taman Ceria kelurahan Braga kecamatan Sumur Bandung kota Bandung. Penelitian dengan judul Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil observasi yang dilakukan setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak 3 siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berempati. Pada kondisi awal persentase kemampuan berempati anak sebesar 39,5 %. Setelah dilakukan tindakan secara bertahap mulai siklus I, II dan III mengalami peningkatan setiap siklusnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 64,2%, setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 84,4% dan setelah tindakan siklus III meningkat lagi menjadi 91,4%. Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun di Paud Taman Ceria Bandung.