Universitas Islam Bandung Repository

Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Sosioemosional Anak Usia Dini di PAUD Se-Kecamatan Sumur Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Lukman, Titi Ruchati
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Surana, Dedih
dc.date 2017-08-14
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8611
dc.description Setiap anak dalam hidupnya akan mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan usianya. Keberhasilan anak dalam mencapai tugas perkembangannya didukung oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal,  diantaranya faktor pola asuh, peran dan fungsi keluarga, dukungan lingkungan rumah dan sekolah serta beberapa faktor pendukung lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  sejauh mana peran pola asuh orang tua dalam pengembangan aspek sosioemosional anak usia dini di PAUD se-Kecamatan Sumur Bandung. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket/ kuesioner skala sikap, dan wawancara, kepada 82 orang tua siswa dan guru di lembaga PAUD se-Kecamatan Sumur Bandung tahun ajaran 2016/2017.Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung presentase jenis pola asuh yang banyak diterapkan oleh keluarga-keluarga dan perkembangan sosioemosional anak di Kecamatan Sumur Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pola asuh orang tua berperan besar dalam pengembangan aspek sosioemosional anak usia dini, khususnya di PAUD se-Kecamatan Sumur Bandung. Peran tersebut meliputi : Pertama, sebagian besar orang tua siswa menerapkan pola asuh demokratis, hal ini berarti sebagian besar orang tua siswa bersikap memprioritaskan kepentingan anak, akan tetapi orang tua tidak ragu-ragu mengendalikan mereka. Hubungan orang  tua demokratis biasanya ditandai dengan kontrol yang tinggi dan kehangatan yang tinggi. Kedua, dilihat dari besarnya persentase perhitungan perkembangan sosioemosional anak usia dini di Kecamatan Sumur Bandung, diperoleh hasil bahwa sebagian besar anak usia dini di PAUD Kecamatan Sumur Bandung masuk pada kategori sudah berkembang. Ketiga, pola asuh orang tua berperan penting dalam pengembangan sosioemosional anak usia dini, hal ini berarti pola asuh orang tua tidak dapat diabaikan atau terpisah dalam pengembangan sosioemosional anak usia dini.  Hasil penelitian tersebut berimplikasi bagi orang tua bahwa : Pengembangan sosioemosional anak usia dini tidak lepas dari pengaruh pola asuh orang tua, jika orang tua mendidik anaknya dengan baik, maka anakpun akan memiliki perilaku yang baik pula, begitupun sebaliknya jika orang tua mendidik anaknya dengan kurang baik, maka anak tersebut akan memiliki perilaku yang kurang baik. Bagi guru PAUD, hendaknya pengembangan sosioemosional anak usia dini baik disekolah maupun dirumah diselaraskan dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu pola asuh demokratis.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8611/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 34-41
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 34-41
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pola Asuh, Pengembangan Sosioemosional, Anak Usia Dini
dc.title Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Sosioemosional Anak Usia Dini di PAUD Se-Kecamatan Sumur Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account