Universitas Islam Bandung Repository

Analisis terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Anwar, Anita Sari
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2018-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/12014
dc.description Abstract : This research aims to provide an overview of the implementation of inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung which includes planning, implementation, and evaluation inclusive education. The implementation of inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung developed guidelines for inclusive PAUD implementation from the Ministry of Education and Culture Republik Indonesia (Kemendikbud RI). PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung is one of the pilot inclusive education for early childhood in Bandung.This research uses descriptive methods to describe the actual and appropriate implementation of early childhood inclusive in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung. The subjects of this research were headmaster, teachers, therapists, and parents. Data collection techniques in this research are observation, interviews, and documentation studies. The results of data collection were analyzed qualitatively.The results of the research describe that implementation is related planning, implementation, and evaluation inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung refers to the guidelines for the implementation of inclusive education from the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud RI). Inclusive education planning implemented by  PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung includes guidelines for implementation, guidelines for implementing standards, new student recruitment system, planning individual programs planning (PPI), regular program planning, mainstreaming inclusive education system, and involving expert teams or team teaching. The implementation of inclusive in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung uses full regular classroom services, pull-out treatment class services, therapy services in schools and therapeutic services at home. Evaluation of inclusive education implemented in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung a process asssesment of children’s learning outcomes, recording data reporting, and evaluation of inclusive programs that are conducted regularly, namely daily, weekly, quarterly, and semester. Key word : Early Childhood Education, Inclusive, Integrated.Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap implementasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pendidikan inklusif. Implementasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung mengembangkan panduan penyelenggaraan PAUD inklusif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung merupakan salah satu pendidikan inklusif percontohan bagi anak usia dini yang berada di kota Bandung.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan tentang implementasi pendidikan inklusif anak usia dini secara aktual dan sesuai yang ada di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, terapis dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung mengacu pada panduan penyelenggaraan PAUD Inklusif dari Kemendikbud RI. Perencanaan pendidikan inklusif yang diimplementasikan oleh PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung meliputi pedoman penyelenggaraan, pedoman standar penyelenggaraan, sistem penerimaan peserta didik baru, perencanaan Program Pembelajaran Individual (PPI), perencanaan program reguler, sistem pendidikan inklusif mainstreaming, serta melibatkan tim ahli. Pelaksanaan pendidikan inklusif yang diimplementasikan di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung menggunakan layanan kelas reguler penuh, layanan kelas pull-out treatment, layanan terapi di sekolah dan layanan terapi di rumah. Evaluasi pendidikan inklusif yang diimplementasikan di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung yaitu penilaian proses hasil belajar anak, pencatatan pelaporan data, serta evaluasi program inklusif yang dilakukan secara berkala yakni harian, mingguan , triwulan dan semester. Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Terpadu.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/12014/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 124-129
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 124-129
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Terpadu
dc.title Analisis terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account