dc.contributor.author |
Palapah, Maya Amalia Oesman |
|
dc.contributor.author |
Hernawati, Riza |
|
dc.contributor.author |
Zulfebriges |
|
dc.contributor.author |
Aisyah, R. Maulinnisa Siti |
|
dc.contributor.author |
Apriliana, Angelita |
|
dc.contributor.author |
Sudrajat, Amila Fatharani |
|
dc.date.accessioned |
2019-04-29T06:32:32Z |
|
dc.date.available |
2019-04-29T06:32:32Z |
|
dc.date.issued |
2017-09 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/18644 |
|
dc.description.abstract |
Seiring dengan meningkatnya Iembaga pendidikan khususnya di Kota Bandung mengakibatkan perusahaaan harus memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan perusahaan lain yang sejenis , sehingga perusahaan bisa memiliki posisi kuat di masyarakat. Pelayanan yang prima menjadi salah satu pemicu untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Hal ini dikarenakan dengan pelayanan yang baik maka pencitraan dari lembaga pendidikan itu sendiri akan menjadi lebih positif yang kemudian berujung pada tingkat kepercayaan orang tua menyekolahkan anaknya di Unisba. Pelayanan Islami menjadi salah daya tarik sekaligus ciri khas dari Unisba tetapi perlu ada tinjauan Iebih mendalam mengenai sejauhmana aplikasi
pelayanan yang dilakukan oleh para administrasi Unisba.
Aplikasi pelayanan Islami akan berbeda di setiap Fakultas maka tujuan dari penelitian
untuk mengetahu bagaimana aplikasi pelayanan yang Islami pada dua Fakultas unggulan Unisba yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) dan Fakultas Kedokteran
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan studi komparasi. Pada Penelitian ini yang menjadi responden penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling atau sampel acak. Jumlah reponden yang diambil adalah 191orang (91 responden mahasiswa FakuItas Kedokteran dan 100 responden mahasiswa Fakultas Ilrnu Kornunikasi) sesuai dengan kepentingan penelitian. Hasilpenelitian memperlihatkan bahwa Pelayanan Islami dari aspek tangibles, emphathy, realibility, responsiveness dan assurance di Fakultas Kedokteran lebih baik di bandingkan di Fakultas IImu Komunikasi. Ini tentu saja karena sarana dan prasarana di Fakultas Kedokteran
lebih memadai dari Fikom, dengan gedung yang baru Fakultas Kedokteran lebih memiliki keleluasaan ruang untuk pelayanan sedangkan Fikom lebih sempit dan kurang tertata dengan baik. Dari sisi SDM, Fakultas Kedokteran juga memiliki petugas pelayanan yang lebih baik, karena Fakultas Kedokteran selalu diberikan arahan setiap semester mengenai pelayanan yang baik oleh Ketua Prodi, sehingga ini menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan. |
en_US |
dc.publisher |
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG |
en_US |
dc.subject |
Pelayanan, Nilai Islami, Mahasiswa, Fakultas Kedokeran dan Fakultas Ilmu Komunikasi |
en_US |
dc.title |
LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA : PENERAPAN NILAI-NlLAI ISLAMI DALAM PELAYANAN KEPADA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN FAKULTAS KEDOKTERAN |
en_US |
dc.type |
Technical Report |
en_US |