dc.contributor.author |
Odah |
|
dc.contributor.author |
Akliyab, Lely Syiddatul |
|
dc.contributor.author |
Damayanti, Verry |
|
dc.contributor.author |
Iskandar, Mauddy Agusniseffa |
|
dc.contributor.author |
Fitriyanti, Andina Adma |
|
dc.date.accessioned |
2019-04-29T06:50:16Z |
|
dc.date.available |
2019-04-29T06:50:16Z |
|
dc.date.issued |
2017-09 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/18648 |
|
dc.description.abstract |
Adanya perubahan paradigma dari Rule Governance menjadi Good Governance menuntut pemerintah untuk bisa memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang berkembang
juga berupaya untuk mengimpelementasikan konsep tersebut. Namun, kenyataannya hingga saat ini asas-asas yang ada dalam good governance masih
belum dapat maksimal diterapkan atau di implementasikan di Indonesia (Arianto,2006).
Jawa Barat mendapatkan peringkat ke-3 Kinerja pelayanan publik pada tahun2012
di sektor pelayanan kesehatan dan pendidikan. Akan tetapi selama ini belum semua
sektor tersentuh, khususnya sektor perizinan. Selama ini belum ada studi-studi kajian khusus yang mengevaluasi pelayanan sektor perizinan melalui pendekatan partisiatif. Padahal, untuk mewujudkan konsep good governance yang utuh harus ada keterlibatan masyarakat dalam menilai dan mengawasi proses keberjalanan pemerintahan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah studi yang mampu mengevaluasi pelayanan perizinan dengan menggunakan pendekatan partisipatif yaitu melalui metode User BasedSurvey.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan di Jawa Barat dan memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan. Metode yang digunakan pendekatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan teknik evaluasi yang digunakan menggunakan evaluasi formal dipadukan dengan hasil penilaian masyarakat melalui User Based Survey.
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan luaran naskah akademik dan bahan
ajar kampus. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan rekomendasi perbaikan kualitas pelayanan publik di sektor perizinan di Jawa Barat
khususnya |
en_US |
dc.publisher |
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG |
en_US |
dc.subject |
Good Governance, Kualitas, Pelayanan, Partisipatif |
en_US |
dc.title |
LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA : PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS GOOD GOVERNANCE DI JAWA BARAT |
en_US |
dc.type |
Technical Report |
en_US |