dc.description.abstract |
Konstruksi Origami Scbagai Stratcgi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia
Dini. Disusun oleh: Respitawulan, Nurul Afrianti, Yurika Permanasari, Hani Handayani, Eva
Qori Tartila
Kesalahan pengajaran konsep matematika saat usia dini, baik deri segi konten maupun
metode, dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pembelajaran matematika di masa
depan. Pemberian materi yang tidak sesuai kelompok umur, kesalahan pehamaman konsep,
metode pembelajaran yang tidak menyenangkan dapat menyebabkan anak menjadi <trauma'
dengan matematika. Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, menakutkan, serta
tidak menyenangkan untuk dipelajari.
Pembelajaran Matematika untuk anak usia dini. Origami atau melipat kertas adalah materi
yang umum dipergunakan dalam pembelajaran anak usia dini, Origami dapat dipergunakan
untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak (Purnamasari, 2014). Origami juga
diyakini dapat melatih konsentrasi dan fokus anak, meningkatkan persepsi visual dan spasial,
melatih mengikuti instruksi yang runut, serta mengenal konsep-konsep matematika, seperti
bentuk-bentuk geornetri, ukuran, dan pola (Marlina, 2011). Karenanya perlu dikembangkan
model bam pembelajaran matematika untuk anak usia dini menggunakan konstruksi origami.
Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, mengembangkan kostruk konsep dan struktur
keilmuan matematika bagi anak: usia dini beserta kajian akademik yang mendukung
pengembangan perangkat model. Kedua, melihat bagaimana gambaran pembelajaran
matematika pada guru. Ketiga, Membentuk model hipotetik beserta perangkat penunjang
hasil penelusuran analitik akademik dan instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan dari 12 sekolah yang diteliti terdapat 8 sekolah (TK) yang telah
menerapkan pembelajaran matematika dengan menerapkan prinsip perkembangan anek usia
dini sedangkan sisanya sebanyak: 4 sekolah tidak: menerapkan pembelajaran maternatika
sesuai dengan prinsip perkembangan anak usia dini.
Luaran penelitian yang dihasilkankan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran
matematika untuk anak usia dini menggunakan konstruksi origami matematika untuk anak
usia dini, publikasi hasil penelitian dalam jumal lokal ber-ISSN "Golden Age" dengan judul
"Implementasi Origami dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia
4-5 Tahun" serta prosiding pada seminar nasional SNaPP 2017 dengan judul "Konstruksi
Origami sebagai Strategi Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Din; ". Dalam janglea
panjang, hasil penelitian ini diharapkan dapat diajukan Hak Kekayaan Intelektualnya, serta
menjadi pengayaan bahan ajar bagi program studi PAUD, Fakultas Tarbiyah UNISBA. |
en_US |