Universitas Islam Bandung Repository

PELATIHAN PROMOSI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA ANGGOTA ASOSIASI PASAR TANI SABILULUNGAN DI KABUPATEN BANDUNG: LAPORAN AKHIR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT (P3M)

Show simple item record

dc.contributor.author Hamdan, Yusuf
dc.contributor.author Ratnasari, Anne
dc.contributor.author Sofyan, Aning
dc.contributor.author Tandika, Dikdik
dc.contributor.author Reynadira
dc.contributor.author Wursito, Haryo Tejo
dc.date.accessioned 2019-04-29T09:31:36Z
dc.date.available 2019-04-29T09:31:36Z
dc.date.issued 2017-09
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18660
dc.description.abstract Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pasar Tani Sabilulungan aktif mengembangkan berbagai jenis usaha, namun dalam aktivitasnya terkendala salah satu masalah yaitu pemasaran. Pelaku usaha sebagai anggota komunitas tersebut kurang memiliki keterampilan dalam mempromosikan bisnisnya yang seharusnya dapat ditransformasikan menjadi penjualan. Masalah tersebut menjadi dasar dari kegiatan PKM yang akan diselenggarakan ini. Materi pelatihan berisi perencanaan bisnis dan model bisnis, bentuk promosi bisnis, penerapan promosi bisnis dalam meningkatkan ornzet penjualan, dan simulasi berupa menyusun pesan promosi bisnis melalui leaflet. Metode pelatihan yang digunakan yaitu ceramah, dlskusi, dan slmulasi. Kegiatan PKM ini merupakan pe1atihan yang barn pertama kali diselenggarakan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memahami perencanaan dan model bisnis, bentuk prornosi bisnis, dan penerapannya dalam rueningkatkan omzet penjualan, serta menyusun pesan promosi bisnis melalui leaflet. Evaluasi pelatihan dilakukan tes awal (pretest), untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan promosi bisnis. Hasil pengukuran pretest peserta kurang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai promosi bisnis, karena hasilnya cukup. Adapun setelah peserta mengikuti pelatihan, dilakukan postest peserta memperoleh nilai yang sangat tinggi pada aspek pengetahuan dan pada saat simulasi (praktek) promosi bisnis. Dengan melakukan promosi bisnis, peserta diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan produknya. en_US
dc.subject pelatihan, promosi bisnis, komunitas pasar tani sabilulungan en_US
dc.title PELATIHAN PROMOSI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA ANGGOTA ASOSIASI PASAR TANI SABILULUNGAN DI KABUPATEN BANDUNG: LAPORAN AKHIR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT (P3M) en_US
dc.type Technical Report en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account