Universitas Islam Bandung Repository

Peran Dakwah Sekolah dalam Pencegahan Perilaku Cyberbullying di Instagram (di SMP Darul Hikam Bandung)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Dakwah
dc.creator Nuraisah, Siti
dc.creator Syam, Nia Kurniati
dc.creator Syatibi, Arifin
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/16718
dc.description Abstract. School Da'wah is one of the most strategic instruments for the youth rescue program, namely by fostering students and directing them to a variety of positive activities. In this research, the author analyzed the cyberbullying behavior of students at Darul Hikam high school in Bandung to find out the role of school da'wah in an effort to prevent cyberbullying behavior. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques are carried out with 4 methods, that is documentation, questionnaires, interviews, and observations. The results showed that some students had become cyberbullying on Instagram, more than those who had never done cyberbullying behavior on Instagram. The role of school da'wah in the prevention of cyberbullying behavior affects some students. The results of the questionnaire show that some students never cyberbullying at all. The supporting factors school da'wah in the prevention of cyberbullying behavior are the existence of individual consulting services and regulation of restrictions on the use of gadgets. While the inhibiting factors are the teacher and foster guardian have difficulty controlling and directly monitoring student activities on social media.Keywords: School Da’wah, Cyberbullying, Instagram.Abstrak. Dakwah sekolah merupakan salah satu instrumen yang sangat strategis untuk program penyelamatan generasi muda, yakni dengan membina para pelajar dan mengarahkannya pada berbagai kegiatan positif. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis perilaku cyberbullying siswa SMP Darul Hikam Bandung untuk mengetahui peran dakwah sekolah dalam upaya pencegahan perilaku cyberbullying di instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui 4 metode, yaitu dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa pernah menjadi pelaku cyberbullying di media sosial instagram, lebih banyak dari pada yang tidak pernah sama sekali melakukan perilaku cyberbullying di media sosial instagram. Peran dakwah sekolah dalam pencegahan perilaku cyberbullying berpengaruh terhadap sebagian siswa. Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa sebagian siswa tidak pernah sama sekali melakukan cyberbullying. Faktor pendukung dakwah sekolah dalam pencegahan perilaku cyberbullying adalah adanya layanan konsultasi individual dan peraturan pembatasan pemakaian gadget. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru dan wali kelas kesulitan mengontrol dan mengawasi secara langsung aktivitas siswa di media sosial.Kata Kunci: Dakwah Sekolah, Cyberbullying, Instagram.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/16718/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/downloadSuppFile/16718/3684
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 5, No 2, Komunikasi Penyiaran Islam (Agustus, 2019); 99-104
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 5, No 2, Komunikasi Penyiaran Islam (Agustus, 2019); 99-104
dc.source 2460-6405
dc.subject Komunikasi Penyiaran Islam
dc.subject Dakwah Sekolah, Cyberbullying, Instagram.
dc.title Peran Dakwah Sekolah dalam Pencegahan Perilaku Cyberbullying di Instagram (di SMP Darul Hikam Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account