dc.contributor |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
|
dc.creator |
Zaidah, Nuliyah |
|
dc.creator |
Sobarna, Ayi |
|
dc.creator |
Afrianti, Nurul |
|
dc.date |
2019-08-09 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18466 |
|
dc.description |
Abstract. The purpose of this study is to produce parents of early childhood RA Darul Hikmah Jatinangor who have the skills in storytelling by participating in BB training (Can Tell Story). This training can be used by parents of early childhood to improve storytelling skills. The hope of this BB training is to be able to improve parenting skills and be applied in storytelling activities at home. This study uses the design of one group pre-test-post-test design. The training was held for 3 days, namely in April 2019. The intervention used in this study was storytelling training for parents of early childhood. The material provided in the training included the benefits of storytelling, as well as in storytelling skills namely facial expressions, sounds, vocals and movements. Data analysis in training is a quantitative method using paired sample t-test. The results in this study show significant differences (0.001)> alpha (0.05), the magnitude of the results between the pre test and post test results is 0.757, or it can be said that there is a good relationship between BB training and RA Darul Hikmah's parents' storytelling skillsKeywords: Training Can Tell Stories, skills, storytellingAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan orang tua anak usia dini RA Darul Hikmah Jatinangor yang memiliki keterampilan dalam bercerita dengan mengikuti pelatihan BB (Bisa Bercerita). Pelatihan ini dapat digunakan oleh orang tua anak usia dini untuk meningkatkan keterampilan bercerita. Harapan dari pelatihan BB ini adalah dapat meningkatkan keterampilan bercerita orang tua serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan mendongeng di rumah. Penelitian ini menggunakan desain one group pre-test- post-tes design. Pelatihan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan pada bulan april 2019. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan bercerita bagi orang tua anak usia dini. Materi yang diberikan dalam pelatihan meliputi manfaat bercerita, serta dalam keterampilan bercerita yaitu ekspresi wajah, suara, vokal dan gerak tubuh. Analisis data dalam pelatihan merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil dalam penelitian ini menunjukan perbedaan signifikan (0.001) > alpha (0.05), besarnya hasil antara pre test dengan hasil post test adalah sebesar 0.757, atau dapat dikatakan ada hubungan baik antara pelatihan BB dengan keterampilan bercerita orang tua anak usia dini RA Darul Hikmah.Kata Kunci: Pelatihan Bisa Bercerita, Keterampilan, Bercerita |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
eng |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18466/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 52-59 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 52-59 |
|
dc.source |
2460-6421 |
|
dc.subject |
Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.subject |
Pelatihan Bisa Bercerita, Keterampilan, Bercerita |
|
dc.title |
Efektivitas Pelatihan BB (Bisa Bercerita) untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Orang Tua Anak Usia Dini RA Darul Hikmah Jatinangor |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|