dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Nurkarima, Rima |
|
dc.creator |
Erhamwilda, Erhamwilda |
|
dc.creator |
Asikin, Ikin |
|
dc.date |
2015-08-19 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-02T06:01:09Z |
|
dc.date.available |
2019-09-02T06:01:09Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/2306 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/20379 |
|
dc.description |
SMPIT Qordova Rancaekek merupakan sekolah yang telah menyandang terakreditasi A dan memiliki program unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an, dimana siswa diwajibkan untuk menghafal Al-Qur’an setiap harinya yang ditargetkan setelah lulus SMP, siswa mampu menghafal Al-Qur’an minimal 3 Juz yaitu juz 28, 29, dan 30. Metode yang digunakan dalam menerapkan program pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur’an di SMPIT Qordova Rancaekek adalah metode talaqqi. Aktivitas pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur’an dengan Metode talaqqi ini yaitu siswa menghafal, melafalkan dan melagamkan Al-Qur’an sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru pembimbing masing-masing kelompok pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur’an, kemudian diikuti oleh siswa yang kemudian dibenarkan oleh guru pembimbing jika terjadi kesalahan pelafalan. Padatnya kegiatan-kegiatan sekolah yang terselenggara dari hari Senin hingga Jum’at sejak pukul 07.30 hingga sore hari pukul 15.30, sepertinya tidak menjadi hambatan bagi siswa untuk memperolah prestasi dalam menghafal Al-Qur’an. Evaluasi pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi dilakukan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan berupa pengamatan terhadap siswa selama pelaksanaan pembelajaran melalui muroja’ah hafalan, serta penilaian terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran untuk mengetahui kemajuan anak terkait hafalan dan bacaan siswa selama jangka waktu tertentu. Maka dapat disimpulkan secara keseluruhan mengenai Keunggulan pada pelaksanaan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi di SMPIT Qordova Rancaekek bahwa (1) sistem metode Talaqqi sangat efektif dan kondusif, dimana siswa bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan adanya motivasi yang diberikan oleh Guru pada setiap pembelajaran melalui pengelolaan peserta didik, sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan terhadap kegiatan pembelajaran (2) Siswa menjadi aktif dan kreatif dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan akan pembelajaran (3) Penilaian atau evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an yang banyak hafalan sehingga sebagian besar penilaiannya dilakukan dengan cara tes lisan. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/2306/pdf |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 1, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2015); 163-173 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 1, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2015); 163-173 |
|
dc.source |
2460-6413 |
|
dc.subject |
|
|
dc.subject |
tahsin dan tahfid, metode talaqqi, SMPIT Qordova Rancaekek. |
|
dc.title |
Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Di Kelas VIII SMPIT Qordova Rancaekek Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
|
|