Universitas Islam Bandung Repository

Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S. Maryam Ayat 42-47 Tentang Etika Komunikasi Anak Terhadap Orang Tua yang Berbeda Agama

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Rifaldi, Muhammad
dc.creator Halimi, Agus
dc.creator Alhamuddin, Alhamuddin
dc.date 2019-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-02T06:01:12Z
dc.date.available 2019-09-02T06:01:12Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/14669
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/20394
dc.description Abstract. As a composite country, Indonesian also proliferate the composite nature in family. A composite family made up of different family member of tribe and religion. Every religions calling each of his own to sharing his teachings to others. Because of this, very likely to heppen tug of war religious ideologies in composite family. It can be annoying the family’s climate if not done properly. Because that background, this research is involved in finding values of education from Q.S. Maryam verse 42-47 focused child communcation between different parent of religion. This study is a qualitative approach with a method of study based on Q.S. Maryam 42-47. Specifically, by gathering and analyzing the opinions of the mufassir and educationalist about theme discussed. This study provides values of education that taken from essence Q.S. Maryam 42-47 about child communication between different parent of religion: (1) Children always have responsibilities about the safety of nonmuslim parents in the afterlife. (2) Smart to communicate Islamic teaching to nonmuslim parents. (3) Children should be patient with the bad deeds performed by nonmuslim parents. The conclusion of the research is muslim children duty in delivering Islamic teaching to nonmuslim parent. In delivery, muslim children has to use civilized communication. Then, muslim children too must respond to nonmuslim parents response negatif to good and wise. From this research was suggested also for the next reasercher to examine more about other hindrance and elements of children communication between different parent of religion. It’s because of all the different kind of hindrance and elements of children communication between different parent of religion. Keyword: Value of education, Communcation, Different parent of religion Abstrak. Sebagai negara yang majemuk, Indonesia juga merebakkan sifat majemuknya  dalam keluarga. Keluarga yang majemuk terdiri dari anggota keluarga yang berbeda suku dan agama. Setiap agama menghimbau setiap pemeluknya agar menyampaikan ajaran-ajarannya pada orang lain. Oleh karena itu, sangat dimungkinkan terjadinya tarik menarik ideologi agama dalam keluarga yang majemuk. Ini dapat mengganggu iklim keluarga tersebut jika tidak dilakukan dengan cara benar. Atas dasar latar belakang tersebut, penelitian ini menyangkut pola komunikasi anak terhadap orangtua berbeda agama. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan nilai-nilai pendidikan dari Q.S. Maryam 42-47 yang berfokus pada komunikasi anak terhadap orangtua berbeda agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian konsep berdasarkan Q.S. Maryam 42-47. Yaitu dengan mengumpulkan serta menganalisis pendapat para mufassir dan para ahli pendidikan tentang tema yang dibahas. Penelitian ini menghasilkan nilai-nilai pendidikan yang diambil dari esensi Q.S. Maryam 42-47 tentang komunikasi anak terhadap orangtua berbeda agama: (1) Anak muslim senantiasa memiliki rasa tanggung jawab akan keselamatan orangtua nonmuslim di akhirat. (2) Cerdas dalam mengkomunikasikan ajaran Islam pada orangtua nonmuslim. (3) Anak muslim senantiasa bersabar dengan perbuatan kurang baik yang dilakukan orangtua nonmuslim. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kewajiban anak muslim dalam menyampaikan ajaran Islam pada orangtuanya yang nonmuslim. Dalam penyampaiannya anak tersebut harus menggunakan komunikasi yang beradab. Kemudian, anak muslim juga harus menanggapi respon negatif orangtua nonmuslim dengan baik dan bijaksana. Dari penelitian ini disarankan pula bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam mengenai hambatan dan unsur lain dari komunikasi anak terhadap orangtua berbeda agama. Ini dikarenakan bermacam-macamnya hambatan dan unsur dalam komunikasi antara anak dan orangtua berbeda agama. Kata kunci: Nilai pendidikan, Komunikasi, Orangtua berbeda agama.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/14669/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 5, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2019); 45-49
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 5, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2019); 45-49
dc.source 2460-6413
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Nilai pendidikan, Komunikasi, Orangtua berbeda agama
dc.title Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S. Maryam Ayat 42-47 Tentang Etika Komunikasi Anak Terhadap Orang Tua yang Berbeda Agama
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account